INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Keperawatan Unair Sukses Adakan Kegiatan Serasi: Edukasi Penanganan Nyeri di Yayasan Kanker Indonesia Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 05 January 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Keperawatan Unair kelas A2 Angkatan 2021 sukses mengadakan kegiatan edukasi penanganan nyeri pada Rabu (06/12/2023) sebagai pemenuhan mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif di semester 5. Kegiatan ini mengusung tema “SERASI: Solusi Perawatan Seimbang untuk Mengatasi Nyeri” yang ditujukan kepada komunitas penderita kanker di Yayasan Kanker Indonesia, Cabang Koordinator Jawa Timur, Jl. Mulyorejo Indah I, No. 8, Surabaya.

Nyeri dapat menjadi salah satu keluhan yang paling banyak dialami oleh pasien kanker. Jika tidak mendapatkan penatalaksanaan yang baik, nyeri dapat menimbulkan penderitaan yang akan sangat mempengaruhi kualitas hidup. Oleh karena itu, kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pasien kanker dan keluarganya yang turut serta hadir dalam kegiatan mengenai penanganan nyeri selama proses perawatan.

Kegiatan diawali dengan pembagian jus buah naga pada para peserta sebagai tanda kebersamaan dan semangat dalam menghadapi permasalahan nyeri yang akan menjadi topik utama selama kegiatan berlangsung. Jus buah naga dipilih karena kandungan nutrisinya yang baik bagi kesehatan, khususnya pada penderita kanker. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi secara singkat dan demonstrasi cara mengatasi nyeri oleh mahasiswa keperawatan kepada para peserta.

Selama kegiatan demonstrasi berlangsung, para peserta juga diminta untuk mempraktikkan bersama-sama step by step cara mengatasi nyeri sehingga mereka dapat memperoleh gambaran yang lebih nyata dan aplikatif. Para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga kepercayaan diri dalam menerapkan strategi penanganan nyeri di lingkungan mereka masing-masing. Selain itu, di sela-sela kegiatan juga dilaksanakan sesi diskusi atau sharing bersama untuk memberikan ruang kepada peserta dalam menuangkan pengalaman, pertanyaan, dan pemikiran mereka terkait penanganan nyeri.

“Senang rasanya bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama pasien kanker. Setiap momen berinteraksi dengan mereka menjadi pengingat bahwa kekuatan dan semangat hidup tidak pernah pudar meskipun dihadapkan pada perjuangan melawan penyakit. Saling mendengarkan, menguatkan, dan memberi dukungan akan membuat perjalanan hidup mereka terasa lebih ringan,” Ungkap Anisa Faradilla selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian reward kepada beberapa peserta teraktif yang telah berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi, praktik, dan sharing. Pemberian reward ini sebagai bentuk apresiasi kami atas kontribusi mereka dalam membuat acara ini lebih hidup dan bermanfaat. Setelah pembagian reward, suasana kebersamaan tetap terjaga dengan dilanjutkan sesi foto bersama.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para komunitas penderita kanker dalam penatalaksanaan nyeri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan sedikit kenyamanan serta harapan bagi mereka yang menghadapi penyakit kanker. Pengalaman ini memperkaya hati kami sebagai mahasiswa keperawatan dan kami berharap bahwa setiap langkah kecil ini dapat memberikan kehangatan dan inspirasi kepada setiap individu yang menghadapi tantangan serupa,” Ungkap harapan Anisa Faradilla.

 

Penulis: Eka Retno Wulandari
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 257

Berita Terbaru