INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

“BERSIH” sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Kesehatan Scabies di Liponsos Keputih

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 05 January 2024

NERS NEWS - Scabies atau yang kerap disebut dengan kudis menjadi permasalahan di Lingkungan Pondok Sosial atau Liponsos yang berlokasi di Keputih, Surabaya. Liponsos Keputih merupakan program Dinas Sosial di Surabaya yang menyediakan tempat tinggal bagi tunawisma dan ODGJ. Keterbatasan pemahaman tunawisma tentang kebersihan pribadi serta kondisi lingkungan yang mengharuskan mereka untuk tinggal bersama menjadi faktor risiko penyakit kulit, termasuk scabies atau kudis. Kurangnya wawasan Tunawisma ini meningkatkan potensi penularan infeksi scabies ke masyarakat sekitar.

Pada hari Kamis (21/12/2023) kelompok 2 kelas A2 angkatan 2021 Fkp Unair melakukan kegiatan Project Based Learning mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa untuk menanggulangi permasalahan scabies di Liponsos Keputih dengan judul “BERSIH: Berantas Scabies, Demi Harapan Kesehatan”. Penyuluhan ini dihadiri oleh peserta tunawisma sebanyak 26 orang dengan rentang usia 20-70 tahun. Penyuluhan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai scabies dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penyuluhan ini diawali dengan penyampaian materi melalui video animasi kemudian dilanjutkan penyampaian materi menggunakan media PowerPoint (PPT). Setelah itu, dilakukan pemeriksaan fisik pada peserta di Liponsos untuk mendeteksi adanya lesi scabies. Peserta juga diberikan salep untuk mengatasi masalah gatal dan ruam.

Peserta mengikuti kegiatan “BERSIH” ini dengan bersemangat hal ini dibuktikan dengan peserta yang aktif menjawab pertanyaan dan menyanyi di depan saat sesi penutupan. Kami juga memberikan poster sebagai media promosi kesehatan lanjutan. Kami berharap kegiatan “BERSIH” ini mampu membantu Liponsos Keputih untuk menanggulangi scabies.

 

Penulis : Maula Monafida R
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 306

Berita Terbaru