INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pendidikan Kesehatan: Kenali Kontrasepsi

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 07 January 2024

NERS NEWS - Program KB merupakan bagian yang terpadu (integral) dalam program peningkatan nasional untuk kesejahteraan ekonomi, spiritual, dan budaya penduduk Indonesia dengan tujuan untuk mencapai keberlanjutan tertinggi. Program KB digunakan sebagai strategi untuk membantu Pasangan Usia Subur (PUS) untuk memperoleh kelahiran yang diinginkan atau menghindari kelahiran yang tidak diinginkan serta termasuk mengatur jarak antar kelahiran

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga melakukan pendidikan kesehatan tentang mengenal jenis kontrasepsi dan bagaimana cara menentukan kontrasepsi yang sesuai. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 02 Oktober 2023 bertempat di balai RW 01 Kalijudan, Surabaya yang mana peserta penyuluhan yakni ibu-ibu PKK dan WUS di RW 01 Kalijudan serta didampingi oleh Kader Hebat Surabaya (KSH). Kegiatan ini diikuti oleh peserta dengan antusias tinggi, peserta aktif mengajukan pertanyaan seputar kekurangan dan keuntungan beberapa jenis kontrasepsi dan mayoritas tertarik dengan topik bagaimana cara menentukan kontrasepsi yang tepat.

Salah seorang peserta penyuluhan bertanya mengapa sebagian besar WUS yang menggunakan kontrasepsi berupa pil dan suntik berpengaruh terhadap berat badan dan siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur. Kontrasepsi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, salah satu jenis klasifikasinya yakni dibedakan menjadi kontrasepsi hormonal dan non-hormonal. Pil dan suntik termasuk ke dalam jenis kontrasepsi hormonal di mana pil dan obat yang disuntikkan mengandung hormon reproduksi buatan yakni progesteron dan estrogen. Meskipun tidak signifikan, ketika hormon ini bekerja bisa meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan penumpukan cairan sehingga membuat berat badan meningkat dan ketidakteraturan siklus menstruasi pada WUS.

Kegiatan ini berlangsung secara efektif. Harapan kami, penyuluhan ini dapat diambil manfaatnya sehingga untuk kedepannya pemilihan kontrasepsi di masyarakat bisa berjalan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan terutama menyelamatkan kehidupan perempuan serta meningkatkan status kesehatan ibu.

 

Penulis : Maulida Fitri Arifinanda (Mahasiswa Profesi B24)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 259

Berita Terbaru