INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Senam dan Pemeriksaan Kesehatan: Menuju Lansia Sehat dan Hidup Berkualitas!

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 07 January 2024

NERS NEWS - Kualitas hidup lansia adalah tingkat kesejahteraan dan kepuasan atas kondisi yang dialami lansia yang dipengaruhi penyakit atau pengobatan. Lansia yang memiliki kualitas hidup yang baik dapat ditunjukkan dari kesejahteraan hidup lansia, fisik, pekerjaan, serta kehidupan sosialnya. Hipertensi dan diabetes mellitus adalah penyakit yang banyak diderita oleh lansia. Hal ini karena dipengaruhi banyak hal diantaranya faktor usia, riwayat gaya hidup, komplikasi dari penyakit lain, serta keturunan. Terdapat beberapa upaya penatalaksanaan yang dapat dilakukan selain mengonsumsi obat rutin yaitu dengan melakukan aktivitas fisik, diit, serta melakukan pengecekan kadar gula dan tekanan darah secara berkala.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga menyelenggarakan kegiatan senam lansia diikuti dengan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah dan pengecekan kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 September 2023 di wilayah RW 01 Kalijudan, Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 50 Lansia di RW 01 Kalijudan dan turut didampingi oleh Kader Surabaya Hebat (KSH), Bapak Agus selaku Ketua RW, dan Ibu Waji S.Kep.,Ns. selaku pembimbing lapangan dan juga perwakilan dari Puskesmas Kalijudan. Acara berlangsung dari pukul 06.00 WIB dan selesai pada pukul 10.00WIB dengan antusias penuh dari masyarakat RW 01 Kalijudan.

Acara berlangsung secara efektif dan sesuai yang direncanakan. Di sela-sela acara, terselenggara juga peresmian posyandu lansia di RW 01 yang diresmikan langsung oleh pihak Puskesmas Kalijudan. Harapan kami, acara senam dan pemeriksaan rutin ini dapat dilaksanakan berkala dan pemantauan kesehatan lansia berjalan optimal sehingga dapat mewujudkan lansia dengan hidup berkualitas.

 

Penulis: Maulida Fitri Arifinanda (Mahasiswa Profesi B24)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 278

Berita Terbaru