INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyuluhan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Penggunaan Jarum Suntik dan Mematahkan Ampul Dengan Tepat di SMK Kesehatan Al-Irsyad Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 07 January 2024

NERS NEWS-(10/12/2023) Mahasiswa kelompok 2 kelas A4 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyelenggarakan penyuluhan penggunaan jarum suntik dan mematahkan ampul dengan tepat kepada siswi jurusan keperawatan SMK Kesehatan Al Irsyad Surabaya di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 46, Ujung, Kec. Semampir, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk capaian project dengan tujuan meningkatkan pengetahuan siswi jurusan keperawatan tentang pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam lingkungan kerja, terutama di rumah sakit untuk mencegah terjadinya insiden keselamatan kerja di lingkungan kerja.

Penyuluhan penggunaan jarum suntik dan mematahkan ampul dengan benar diikuti oleh seluruh siswi kelas 10 jurusan keperawatan berjumlah 32 orang dengan dihadiri oleh Kepala SMK Al Isyad dan 2 orang guru pendamping. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, Nurul Maghfiroh dan Kepala SMK Al Irsyad Surabaya, Ibu Rinda Furniawati, S.Pd. “Saya harap, kegiatan kali ini dapat disimak dengan baik oleh anak-anak sekalian sehingga bisa memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anak-anak untuk nantinya bisa diterapkan dalam di masa mendatang ketika kalian sudah bekerja menjadi seorang tenaga kesehatan,” pesan Kepala SMK Al Irsyad Surabaya dalam sambutan yang diberikannya.

Penyampaian materi dalam kegiatan kali ini dilakukan melalui dua sesi yaitu, sesi pemaparan materi pengenalan berkaitan dengan prinsip K3, jarum suntik, dan ampul. Kemudian, dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan jarum suntik dan cara mematahkan ampul yang tepat oleh pemateri, diikuti oleh seluruh peserta. Selama penyampaian materi, peserta terlihat antusias menyimak dengan diikuti respon baik melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peserta berkaitan dengan materi. Selama kegiatan demonstrasi peserta terlihat bersemangat untuk mencoba sesuai dengan petunjuk yang telah disampaikan dengan didampingi oleh panitia. Disesi ini banyak peserta yang sudah mengerti dan mampu untuk menerapkan prinsip K3 dalam penggunaan jarum suntik dan mematahkan ampul.

Kegiatan dilanjutkan dengan selingan permainan tebak gambar, pemberian hadiah bagi peserta yang aktif dalam kegiatan. Dalam sesi penutup, beberapa peserta meyampaikan kesan dan pesan serta ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini yang menurutnya sangat menarik dan bermanfaat. Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama seluruh peserta, Kepala SMK Al Irsyad, guru pendamping, dan panitia pelaksana kegiatan.

 

Penulis: Sindy Rahma Maisaroh
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 402

Berita Terbaru