INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

ADAPTIF 2023: Sosialisasi Penanganan Tumpahan Obat dan Cairan Iritatif pada Siswa Sekolah Kesehatan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 08 January 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan aksi pencegahan mengenai bahaya tumpahan obat dan cairan iritatif pada siswa sekolah kesehatan. Kegiatan yang dinamakan “Adaptif” tersebut telah dilaksanakan pada hari Selasa (19/12/2023) di SMK Gama Cendekia Surabaya. Kegiatan ini diterima dengan sangat baik oleh para siswa/siswi, guru pendamping, dan staf.

Kegiatan sosialisasi ini mengangkat tema “Panduan Dasar Penggunaan Obat-Obatan dengan Aman dan Efektif” dengan tujuan agar siswa/siswi di SMK Gama Cendekia Surabaya dapat mengenali ancaman akan bahaya tumpahan obat dan cairan iritatif, sehingga dapat membuat perencanaan dan penanggulangan yang tepat dan efektif. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembukaan oleh MC Anindya Putri dan Sefina Rafi, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Kegiatan Adaptif memiliki jargon yang berbunyi “Prioritize Safety to Work Safely”.

Sebelum pemaparan materi dimulai, siswa/siswi diarahkan untuk mengisi pre-test selama 5 menit untuk mengetahui pengetahuan awal tentang topik yang disampaikan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh mahasiswa keperawatan selama 30 menit. Siswa dan siswi SMK Gema Cendekia Surabaya sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan, hal itu dibuktikan pada saat sesi tanya jawab banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan. Sesi tanya jawab pun berakhir lebih lama dari perkiraan.

Untuk memaksimalkan materi yang disampaikan, mahasiswa mengadakan sesi demonstrasi mengenai penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dan penanggulangan tumpahan obat. Beberapa siswa/siswi juga dipersilahkan untuk ikut serta dalam demonstrasi. Kemudian siswa/siswi diarahkan untuk mengerjakan post-test.

Pada pukul 11.00 WIB kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat kepada perwakilan SMK Gema Cendekia dan dokumentasi. Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan sangat baik dan melebihi target sasaran. Harapannya setelah mengikuti sosialisasi, siswa dan siswi terbuka wawasan dan pengetahuannya mengenai penanganan yang tepat dan efektif pada tumpahan obat dan cairan iritatif.

 

Penulis : Chandra
Editor : Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 307

Berita Terbaru