INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

LASERS Laboratorium Safety for High Schoolers: Suksesnya Penyuluhan Keselamatan Kerja di Laboratorium SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 08 January 2024

NERS NEWS - Pada hari Kamis (14/12/2023), Kelas A2 Angkatan 2022 Kelompok Ganjil Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah sukses menyelenggarakan penyuluhan berjudul "LASERS" (Laboratorium Safety for High Schoolers) di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari capaian Project Based Learning (PJBL) dalam mata kuliah Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan (K3KP). Acara yang dihadiri oleh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 2 ini dirancang secara interaktif dan menghibur untuk memenuhi preferensi siswa terhadap kegiatan yang interaktif dan juga edukatif.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari sambutan Ketua Pelaksana Elmi Mufidah Dwi Anjani dan dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Bapak H. Astajab, S.Pd., M.M, dan dihadiri oleh beberapa guru pendamping. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pengisian pre-test sebagai penilaian awal terhadap pemahaman siswa tentang cara meminimalisir kecelakaan kerja dan risiko infeksi di laboratorium sekolah. Materi yang dijelaskan ada 2, yang pertama adalah materi “Prosedur Darurat Pencegahan dan Penanganan di Laboratorium Sekolah” dan materi yang kedua adalah materi tentang “Prinsip Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium Sekolah”. Semua materi tersebut membahas tentang alat-alat yang digunakan untuk meminimalisir kecelakaan kerja di laboratorium sekolah.

Saat kegiatan berlangsung juga dilakukan games tebak gambar alat-alat APD sesuai materi yang sebelumnya jelaskan dimana para siswa dan siswi sangat antusias menjawab. Pada inti kegiatan, tidak hanya materi teoritis yang disampaikan, tetapi juga mahasiswa juga melakukan praktik penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) secara langsung. Siswa SMA Muhammadiyah 2 diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam penggunaan APD, dengan tujuan memberikan pengalaman praktis yang lebih mendalam.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga dapat mengaplikasikan langsung pengetahuan tersebut menggunakan alat yang disediakan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Pada akhir kegiatan, dilakukan post-test kedua untuk mengevaluasi sejauh mana materi yang disampaikan telah diterima dan dipahami oleh siswa SMA Muhammadiyah 2. Hasil post-test ini akan menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaraan kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Acara berakhir pada jam 11.00 lalu dilanjutkan dengan sesi dokumentasi para peserta dan panitia. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 2 dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan sehingga dapat mencegah kecelakaan kerja dan risiko infeksi di laboratorium sekolah.

 

Penulis: Endah Nabila Sutrisno Putri
Editor: Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 334

Berita Terbaru