INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pengabdian Masyarakat Kelompok 2 Kelas A3/A2021 FKp Unair Ajak Warga Kenali Sinusitis

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 08 January 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Keperawatan Unair Kelompok 2 Kelas A3 Angkatan 2021 sukses menggelar program pengabdian kepada masyarakat di RW 02 Fakultas Kalijudan, Surabaya pada Sabtu (16/12/2023). Program BERAKSI “Belajar Bersama Kenali Sinusitis” sebagai bentuk kegiatan Project Based Learning Mata Kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integument, Persepsi Sensori, Persarafan dan merupakan upaya pencegahan penyakit sinusitis.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 30 orang yang merupakan warga RW 02 Kelurahan Kalijudan, Kota Surabaya. Kegiatan juga dibawakan oleh Ibu Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. sebagai dosen penanggung jawab mata kata kuliah. Promosi kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai penyakit sinusitis, mulai dari penyebab, tanda dan gejala, hingga penatalaksanaannya.

Rangkaian acara BERAKSI meliputi registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Upacara, penyerahan plakat, penyampaian materi, serta diakhiri penutup dan dokumentasi. Adapun materi pemaparan yaitu membahas terkait definisi, klasifikasi, faktor risiko, gejala yang ditimbulkan, penatalaksanaan, hingga pencegahan penyakit sinusitis. Selain menyampaikan materi melalui share screen atau layar, juga terdapat pemutaran video edukasi dan pembekuan secara langsung terkait teknik irigasi hidung sebagai salah satu langkah penatalaksanaan sinusitis. Terdapat pula games tebak judul lagu sebagai sarana menghilangkan rasa penat dan menghibur para peserta.

Para peserta sangat aktif dan antusias selama kegiatan berlangsung, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika sesi tanya jawab. Kegiatan berjalan dengan lancar dan tepat waktu dari awal hingga akhir. Peserta dapat memahami materi yang telah disampaikan, hal ini dapat dilihat dari hasil post-test dan evaluasi yang telah dikerjakan.

Di akhir kegiatan, terdapat sesi dokumentasi bersama para peserta dan dosen pendamping sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis. Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan ini, para peserta menjadi lebih paham dan sadar terkait pencegahan penyakit sinusitis.

 

Penulis : Nabilla Syahwa Aryanto
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 314

Berita Terbaru