INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kelompok 2 Kelas A2 angkatan 2022 dengan acara “Heroic”nya dengan judul kegiatan Pencegahan Kecelakaan Kerja, Perawatan Luka, dan Personal Hyigene untuk Mencapai Zero Accidents kepada Siswa Siswi Tata Boga SMK Pariwisata Satya Widya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 08 January 2024

 

NERS NEWS - Selasa, 19 Desember 2023 lalu, mahasiswa Fakultas Keperawatan angkatan 2022 kelompok 2 kelas A2 menyelenggarakan sosialisasi dengan tema Get to Know: Pencegahan Kecelakaan Kerja, Perawatan Luka, dan Personal Hygiene untuk menutup Zero Accident bagi Siswa Siswi SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya Jurusan Tata Boga dengan nama kegiatannya adalah “Heroic 2023”.

Sasaran peserta sosialisasi ini adalah siswa-siswi kelas 10 jurusan tata boga dengan total 66 peserta. Sosialisasi ini merupakan bentuk capaian pembelajaran Project Based Learning mata kuliah Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan serta langkah-langkah untuk meningkatkan pengetahuan bagi siswa-siswi jurusan tata boga terkait pencegahan kecelakaan kerja, perawatan luka, dan kebersihan pribadi yang akan bermanfaat dalam proses pembelajaran di dapur . Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Bapak Rusdianto, S.Pd selaku Wakil Kepala Kesiswaan SMK Pariwisata Satya Widya serta Wali Kelas 10 Kuliner 1 dan 2.

Kegiatan dimulai dengan Perayaan yang diberikan oleh Galuh Julieta selaku ketua pelaksana PjBL Kelompok 2 Kelas A2, kemudian dilanjut Berbagai dari selaku Wakil Kepala Kesiswaan Bapak Rusdianto, S.Pd. “Saya sangat menyambut niat baik dari mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair dan saya sangat senang dan berharap ilmu tentang pencegahan kecelakaan kerja yang diberikan oleh kakak-kakak mahasiswa dapat berguna bagi murid-murid saya”, tutur Bapak Rusdianto.

Penyampaian materi diberikan langsung oleh Nurul Jannah selaku pemateri dan siswa dari kelas A2. Penjelasan materi dimulai dengan pentingnya APD dalam meminimalkan risiko kecelakaan kerja dengan harapan para peserta dapat memahami dan menerapkan selama proses belajar di dapur. Materi yang diberikan tidak hanya tentang APD melainkan bagaimana perawatan luka seperti perawatan luka bakar, dan perawatan terayat pisau serta materi terkait personal hygine yang ditekankan kepada cuci tangan 6 langkah dengan tujuan untuk menjaga kebersihan diri dan kebersihan dalam proses pembuatan makanan.

Setelah menyampaikan materi yang diberikan, kami juga memberikan sesi pemaparan terkait perawatan luka dan cuci tangan 6 langkah dengan tujuan agar memberikan gambaran kepada siswa-siswi SMK Pariwisata Satya Widya Jurusan Tata Boga. Diberikan kesempatan juga kepada beberapa peserta untuk mencoba mendemonstrasikan secara langsung perawatan luka dan cara cuci tangan dengan 6 langkah dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Heroic 2023 tak lupa terakhir kami mendokumentasikan dan membuat konten tiktok bersama.

“Alhamdulillah, setelah persiapan kurang lebih sekitar satu bulan untuk PJBL Mata Kuliah K3KP Kelompok 2 A2 berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Saya dan teman teman berterima kasih sebesar-besarnya kepada pihak sekolah yang sudah menerima dan membantu kami mempersiapkan acara Heroic 2023 ini, terima kasih juga kepada Bapak Rifky Octavia Pradipta selaku dosen fasilitator yang sudah membimbing kami dan tentunya juga kepada bu Ika Yuni selaku PJMK mata kuliah K3KP terima kasih kepada teman teman kelompok 2 atas kerjasama yang kita bangun dari awal sampai akhir tetap semangat dan sampai jumpa di PJBL selanjutnya dan terakhir semoga ilmu yang kita bagikan kepada teman teman kelas 10 nantinya bermanfaat dan berguna suatu saat nanti” ujar Galuh selaku ketua pelaksana.

 

Penulis : Nadia Putri Salsabila
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 359

Berita Terbaru