INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

ACATSY : Atasi dan Cegah Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu PKK Kecamatan Bulak dalam Kegiatan Project Based Learning

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 09 January 2024

NERS NEWS - Pada hari Jumat (22 Desember 2023), kelompok genap kelas A4 angkatan 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa pada ibu-ibu PKK Kecamatan Bulak, Surabaya.Kegiatan yang dilaksanakan mengusung tema ACATSY (Atasi dan Cegah Carpal Tunnel Syndrome). Carpal Tunnel Syndrome atau CTS merupakan kondisi yang mempengaruhi tangan dan jari. Carpal tunnel syndrome adalah keadaan mati rasa dan kesemutan di tangan dan lengan yang disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan fisik yang bertujuan untuk deteksi dini terjadinya Carpal Tunnel Syndrome, dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Atsir Alma Dinisa dan Fadhilah Aliyyah Widya mengenai definisi, penyebab, faktor risiko, gejala klinis, pengobatan, dan pencegahan terkait penyakit Carpal Tunnel Syndrome. Kemudian diakhiri dengan demonstrasi terkait cara pencegahan CTS yang diikuti oleh seluruh peserta.

Para peserta terlihat sangat antusias dan memperhatikan pada saat penyampaian materi dan bersama-sama melakukan latihan gerakan untuk mencegah CTS yang dipimpin oleh panitia. Peserta juga terlihat sangat aktif dalam sesi tanya jawab, beberapa peserta bertanya sesuai dengan kondisi yang pernah dialaminya. Pemberian materi dan demonstrasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pada ibu rumah tangga terhadap faktor penyebab, pencegahan serta penanggulangan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

"Harapannya para peserta dapat memahami dan mengimplementasikan cara mencegah maupun mengatasi Carpal Tunnel Syndrome sehingga untuk peserta yang belum mengalami CTS bisa terhindar dari penyakit ini dan untuk peserta yang sudah menderita CTS bisa melakukan beberapa tips yang diberikan untuk mengurangi keluhan dari gejala CTS", ujar Fadhilah selaku ketua pelaksana.

 

Penulis : Atsir Alma Dinisa
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 327

Berita Terbaru