INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Memahami dan Mengendalikan Hipertensi di Puskesmas Kalijudan Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 13 January 2024

NERS NEWS - Penyuluhan tentang hipertensi atau tekanan darah tinggi penting dilakukan untuk mengurangi efek samping dari kondisi tersebut. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit tekanan darah dimana tekanan darah tersebut lebih tinggi dari standar yang ditentukan. Penyebabnya antara lain banyak makan-makanan asin/garam berlebihan, stres berkepanjangan, pola hidup tidak sehat, serta faktor usia. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemahaman pasien hipertensi dan orang di sekitarnya yaitu dengan memberikan edukasi atau penyuluhan. Oleh karena itu, Kelompok 7 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan edukasi terkait pemahaman dan pengendalian tekanan darah tinggi yang dilakukan di Balai RW 3 Kalijudan pada Hari Kamis, 10 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat di wilayah Balai RW 3 Kalijudan patuh terhadap upaya pencegahan hipertensi. Kelompok 7 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mencangangkan program edukasi PATUH yang merupakan akronim dari upaya upaya yang dapat dilakukan dalam mengendalikan Hipertensi. PATUH adalah sebuah gerakan yang sangat berguna untuk para penderita hipertensi dalam mengendalikan tekanan darah. Gerakan PATUH diantaranya :

  • P = Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
  • A = Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
  • T = tetap diet dengan gizi seimbang
  • U = Upayakan aktivitas fisik dengan aman
  • H = hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya.

Kegiatan penyuluhan berjalan dengan sangat baik dan disambut dengan antusias masyarakat. Peserta memberikan tanggapan positif, hal tersebut menjadi penguat bahwa kegiatan penyuluhan ini berhasil mencapai tujuan. Kesaksian langsung dari masyarakat yang menyampaikan bahwasanya cakupan dari kegiatan penyuluhan ini menjadi dasar untuk pengembangan dan perluasan kegiatan serupa di wilayah lain.

Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengendalikan hipertensi. Partisipasi mahasiswa dan dukungan masyarakat dapat menjadi landasan untuk proyek-proyek berkelanjutan terutama bidang kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara luas.

 

Penulis : Titin Mulyaningsih
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 354

Berita Terbaru