INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pemenuhan Nutrisi Ibu Nifas di Ruang Edelweis Rsud Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 13 January 2024

NERS NEWS - Kelompok 3 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memprogramkan kegiatan edukasi terkait pemenuhan nutrisi pada ibu nifas yang dilakukan di ruang Edelweis RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya pada hari Kamis, 11 Mei 2023. Kegiatan tersebut didasarkan pada fakta yang mengemukakan bahwa selama ibu hamil memerlukan lebih banyak zat-zat gizi disebabkan makanan ibu hamil dibutuhkan energi bagi dirinya serta janin yang dikandungnya.

Kebutuhan gizi pada masa nifas terutama bila menyusui akan meningkat 25% karena berguna untuk proses kesembuhan setelah melahirkan dan untuk memproduksi air susu yang cukup untuk menyehatkan bayi. Gizi merupakan serangkaian proses penggunaan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui berbagai tahapan yaitu pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, kelompok 3 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mencanangkan program edukasi pemenuhan nutrisi mulai dari rancangan menu makan dan minum selama satu hari hingga petunjuk dalam mengelola makanan sehat. Menu Untuk Ibu Nifas/Menyusui diantaranya yaitu :

  • Makan pagi : Nasi, Tempe, Sayur, Ikan Bandeng Goreng, cemilan (Donat dan Yoghurt).
  • Makan siang : Nasi, Ayam Goreng, Rebon, Sayur Bayam, Jeruk, Cemilan (Kolak Pisang).
  • Makan malam : Nasi, Semur Daging, Pepes Tahu, Capcay, Papaya, Cemilan (Ubi Merah Goreng).

Kegiatan ini dilakukan agar ibu nifas di ruang Edelweis RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya memahami pemenuhan nutrisi untuk ibu dan anak selama dirumah.

Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan sangat baik dan peserta penyuluhan kesehatan menyambut dengan hangat adanya edukasi pemenuhan nutrisi tersebut. Peserta tidak sedikit memberikan pertanyaan pertanyaan tentang rancangan menu makanan yang dapat dikelola dengan mudah dirumah. Tanggapan yang positif dengan kesadaran peserta menjadi penguat bahwa kegiatan penyuluhan ini berhasil mencapai tujuannya.

Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk menunjang derajat kesehatan ibu dan anak menjadi lebih baik. Partisipasi mahasiswa dan dukungan masyarakat dapat menjadi pondasi untuk keberlanjutan program terutama bidang keperawatan yang berkaitan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat luas.

 

Penulis : Titin Mulyaningsih
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 262

Berita Terbaru