INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Deteksi Dini Kanker Payudara dengan SADARI

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 13 January 2024

NERS NEWS - Pendidikan kesehatan pada masyarakat tentang mengenal dan mendeteksi dini kanker payudara dilaksanakan pada Jumat, 17 Maret 2023 di Ruang Poli Bedah Rumah Sakit Universitas Airlangga oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Kegiatan ini berlangsung dengan keikutsertaan pasien keluarga yang dapat memahami bagaimana melakukan SADARI secara rutin. Hal ini didasari pada salah satu penyebab kematian utama akibat kanker, karena sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi sebetulnya kanker bisa dikalahkan.

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dapat memahami dan dapat melakukan sadari dengan rutin sebagai upaya pencegahan terkait kanker payudara. Maka dari itu, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memberikan pengetahuan tentang bagaimana melakukan SADARI serta edukasi mengenai faktor risiko pemicu kanker payudara, sehingga masyarakat dapat mawas diri terhadap kondisi dirinya.

Antusiasme peserta terhadap kegiatan ini ditunjukkan sangat positif. Peserta kegiatan memberikan tanggapan positif dengan kesadaran peserta yang menjadi penguat bahwa kegiatan penyuluhan ini berhasil mencapai tujuannya. Keluarga mengatakan, “Senang mengikuti kegiatan penyuluhan dan paham setelah adanya penyuluhan tentang “Pemeriksaan payudara sendiri”.

Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk mempertahankan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kanker payudara sejak dini. Partisipasi mahasiswa dan dukungan masyarakat dapat menjadi pondasi untuk proyek-proyek berkelanjutan terutama pada pencegahan kanker payudara dan menunjang derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

 

Penulis : Guguk Sedyofiatno
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 310

Berita Terbaru