INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pengenalan Diet pada Pasien Hemodialisis

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 13 January 2024

NERS NEWS - Penyuluhan tentang pengenalan diet pada pasien Gagal Ginjal dilaksanakan pada Kamis, 24 Agustus 2023 oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar pasien dan keluarga dapat memahami bagaimana diet yang seharusnya dilakukan pada pasien gagal ginjal terutama pasien yang telah melaksanakan cuci darah rutin.

Diet nutrisi pada pasien Gagal Ginjal stage 5 yang cuci darah adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Diet merupakan faktor penting bagi pasien yang menjalani hemodialisa mengingat adanya efek uremia. Gejala yang terjadi akibat penumpukan zat tersebut dikenal dengan gejala uremik dan akan mempengaruhi setiap sistem tubuh. Lebih banyak toksin yang menumpuk, lebih berat gejala yang timbul.

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dengan Gagal Ginjal stage 5 yang cuci darah dapat patuh terhadap upaya upaya pencegahan dampak terburuk yang terjadi pada penyakit tersebut seperti mengurangi penumpukan sampah uremi, mengurangi penumpukan cairan dan elektrolit di luar waktu dialisis, memperbaiki status gizi, mencegah defisiensi protein, asam amino, dan vitamin.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga merancang contoh menu pasien Gagal Ginjal stage 5 yang cuci darah yaitu makanan dalam porsi kecil sering (small frequent feeding). Berikut contoh rekomendasi menu diet hemodialisis 1 hari yang terdiri dari 3x makanan utama dan 3x selingan dengan total energi 1500 kkal, protein 61 gram, lemak 47 gram, karbohidrat 219 gram, serat 24 gram, kalium 2 gram, natrium 450 miligram, dan fosfor 700 miligram.

Pendidikan kesehatan ini berjalan dengan sangat baik dan mendapat antusias dari pasien dan keluarga. Peserta memberikan tanggapan positif dengan kesadaran peserta yang menjadi penguat bahwa kegiatan penyuluhan ini berhasil mencapai tujuannya.

Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk mempertahankan kesadaran pasien dan keluarga tentang pentingnya diet pada pasien Gagal Ginjal stage 5 yang cuci darah. Partisipasi mahasiswa dan dukungan pasien dan keluarga dapat menjadi pondasi untuk proyek-proyek berkelanjutan terutama pada kesehatan pasien Gagal Ginjal stage 5 yang cuci darah.

 

Penulis : Guguk Sedyofiatno
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 522

Berita Terbaru