INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Edukasi Kepatuhan Obat pada ODGJ di Ruang Kenari Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 13 January 2024

NERS NEWS - Kelompok 2 Kenari Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memprogramkan kegiatan edukasi terkait pentingnya kepatuhan minum obat pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dilakukan di Ruang Kenari Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya pada hari Selasa, 25 Juli 2023. Kepatuhan minum obat adalah perilaku untuk menyelesaikan menelan obat sesuai dengan jadwal dan dosis obat yang dianjurkan sesuai kategori yang telah ditentukan.

Kegiatan ini dilakukan agar pasien pasien ODGJ di Ruang Kenari Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya patuh minum obat serta mencegah kekambuhan penyakit, menyembuhkan penyakit, memulihkan (rehabilitasi) kesehatan, mengubah fungsi normal tubuh untuk tujuan tertentu, meningkatkan kesehatan, hingga mengurangi rasa sakit. Kelompok 2 Kenari Program Studi Pendidikan Profesi Ners F akultas Keperawatan Universitas Airlangga mencanangkan program penyuluhan dan diskusi tentang kepatuhan minum obat pada ODGJ yang berisi prinsip dalam kepatuhan minum obat seperti tepat obat, tepat dosis, tepat pasien, tepat cara, dan tepat waktu.

Hal lain yang dipelajari yaitu dampak jika tidak meminum obat, serta dukungan dan peran keluarga pada ODGJ. Salah satu dampak yang timbul akibat tidak minum obat secara rutin dan teratur pada pasien gangguan jiwa adalah kekambuhan. Kekambuhan adalah suatu keadaan dimana timbulnya kembali suatu penyakit yang sudah sembuh dan disebabkan oleh berbagai macam faktor penyebab.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik, peserta penyuluhan kesehatan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Respon positif yang diberikan dengan kesadaran peserta menjadi penguat bahwa kegiatan penyuluhan ini berhasil mencapai tujuan. Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk mendukung derajat kesehatan ODGJ menjadi lebih baik.

 

Penulis : Titin Mulyaningsih
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 435

Berita Terbaru