INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

“Workplace Safety 2023” Pengabdian Masyarakat dalam Rangka Mewujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Siswa - Siswi SMK Farmasi Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 16 January 2024

NERS NEWS - Senin, 18 Desember lalu, mahasiswa kelompok 1 kelas A3 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mengenai bahaya kimia untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja di SMK Farmasi Surabaya Jl. Kapasari No.3-5, Kapasari, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur (60273). Penyuluhan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa ini dilaksanakan sebagai bentuk pencapaian Project Based Learning dalam mata kuliah KP dan K3. Penyuluhan ini menjadi sebuah langkah untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi mengenai pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan sekolah serta sebagai langkah persiapan untuk menangani keadaan darurat misalnya tumpahnya zat kimia yang terkena tubuh.

Penyuluhan ini dibawakan oleh Bapak Rifky Octavia Pradipta, S.Kep., Ns., M.Kep. Selaku dosen pendamping kegiatan Project Based Learning mata kuliah KP dan K3. Kegiatan ini juga disambut dengan sangat baik oleh SMK Farmasi Surabaya dengan Berbagai yang diberikan oleh Ibu apt. Diana Anggraeni, S.Si sebagai perwakilan dari sekolah.

Kegiatan dibuka dengan Berbagai yang diberikan oleh Sheirly Eferta Meita selaku ketua pelaksana PJBL kelompok 1 kelas A3, kemudian dilanjutkan oleh Berbagai dari Bapak Rifky Octavia Pradipta, S.Kep., Ns., M.Kep kepada siswa-siswi SMK Farmasi Surabaya, “Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga harapannya dapat diterima dengan baik oleh siswa-siswi dan juga tenaga pendidik SMK Farmasi Surabaya. Selain itu semoga dapat dijadikan sebagai pembekalan dalam keselamatan dan kesehatan diri siswa-siswi SMK Farmasi Surabaya", ucap Pak Rifky. Dalam Berbagai yang diberikan oleh perwakilan sekolah, yakni Ibu apt. Diana Anggraeni, S.Si. mengungkapkan bahwa SMK Farmasi Surabaya sangat senang dapat menerima informasi dan dapat bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair.

Dalam pelaksanaan proyek ini, pemaparan materi diberikan langsung oleh sie pendidikan dan kesehatan dengan menjelaskan beberapa sebab, akibat, dan upaya penanggulangan bahaya kimia. Selain itu, kami kelompok 1 juga memberikan materi role-play terkait simulasi keselamatan terhadap bahaya kimia dengan penggunaan APD yang benar. Harapannya materi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan terhadap penanganan bahaya kimia.

Setelah pemaparan beberapa materi, kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi bersama siswa-siswi dan juga perwakilan SMK Farmasi Surabaya. Banyak respon positif dari peserta penyuluhan yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini, salah satunya respon dari Ibu Diasa sebagai Waka Kesiswaan, “Terima kasih mbak dan mas dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sudah melakukan kegiatan sosialisasi mengenai bahaya kimia untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja, kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, harapannya nanti siswa-siswi dapat menerima pengetahuan yang telah disampaikan pemateri sehingga dapat melakukan suatu usaha yang tepat saat terjadi hal yang tidak diinginkan”, ucap Ibu Diasa sebagai Waka Kesiswaan.

“Terima kasih kembali saya ucapkan kepada peserta penyuluhan serta pihak sekolah SMK Farmasi Surabaya karena sudah bersedia bekerja sama dengan kami. Semoga apa yang telah kami sampaikan tadi dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan, sehingga dapat diterapkan oleh siswa-siswi SMK FARMASI Surabaya”, ucapnya Sheirly Eferda selaku ketua pelaksana PJBL kelompok 1 kelas A3 angkatan 2022.

 

Penulis : Fitriana
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 305

Berita Terbaru