INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

AKSI DIRI : Anti Infeksi dengan Alat Pelindung Diri dalam Kegiatan Project Based Learning

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 16 January 2024

NERS NEWS - Jumat, 12 Januari 2024, mahasiswa kelompok ganjil kelas A4 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan Project Based Learning (PJBL) mata kuliah Keselamatan Kesehatan Kerja dan Keselamatan Pasien dalam Keperawatan (K3KP) pada siswa siswi SMK Kesehatan Surabaya di Jl. Medokan Semampir Indah No. 27, Medokan Semampir, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini mengusung tema AKSI DIRI atau Anti Infeksi dengan Alat Pelindung Diri dengan 5 materi utama, yaitu:

  1. Keselamatan Kesehatan Kerja dan Keselamatan Pasien dalam Keperawatan (K3KP)
  2. Pengenalan tugas asistensi keperawatan
  3. Penggunaan APD sebagai upaya untuk mencegah infeksi
  4. Tingkat penggunaan APD di rumah sakit
  5. Demonstrasi penggunaan APD

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk capaian project dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa siswi SMK Kesehatan Surabaya jurusan keperawatan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Keperawatan (K3KP), APD, dan tingkatan penggunaan APD di rumah sakit.

AKSI DIRI diikuti oleh 60 siswa siswi SMK Kesehatan Surabaya, dihadiri oleh 1 guru pendamping, serta wakil kepala SMK Kesehatan Surabaya. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Andini Irdiana Putri, dosen pembimbing yaitu Bapak Rifky Octavia Pradipta, S.Kep., Ns., M.Kep., dan Wakil Kepala SMK Kesehatan Surabaya, M. Choirul Fajar, S,Kep., Ns. “Terima kasih kepada Fakultas Keperawatan Unair yang sudah berkenan membagikan ilmunya kepada anak-anak kami. Semoga ilmu yang diberikan bisa menjadi bekal awal masuk sekolah bagi anak-anak kami”, ungkap wakil kepala SMK Kesehatan Surabaya dalam sambutannya.

Penyampaian materi terdiri dari sosialisasi dan demonstrasi penggunaan APD yang baik dan benar. Para peserta terlihat antusias dan memperhatikan selama penyampaian materi berlangsung. Beberapa peserta juga bersedia mempraktikkan penggunaan APD di depan peserta yang lain dengan didampingi oleh panitia. Selain itu, peserta juga aktif bertanya mengenai penggunaan APD yang baik dan benar.

Sebagai penutup, peserta memberikan kesan dan pesan melalui google formulir yang dibagikan oleh panitia. Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama seluruh peserta, guru pendamping, dan panitia pelaksana kegiatan.

 

Penulis : Karina Widiasti
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 404

Berita Terbaru