INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

KEMBANGKAN MODEL POLA ASUH PRENATAL BERBASIS SPIRITUAL PADA PRIMIGRAVIDA, RAIH GELAR DOKTOR DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 17 January 2024

NERS NEWS - Primigravida merupakan sebuah pengalaman baru bagi perempuan yang berpengaruh dalam keseimbangan psikologis dan seringkali menimbulkan kecemasan. Kondisi fisik, psikologis, sosial ekonomi dan spiritual yang belum matang semakin menambah beratnya stressor yang mempengaruhi kesiapan dalam perubahan peran menjadi ibu.
Sri Wahyuni mahasiswa program Doktor Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Dibawah bimbingan Promotor Dr. Yuni Sufyanti Arief, S.Kp., M.Kes dan ko promotor Dr. Mira Triharini, S.Kp., M.Kep menemukan sebuah novelty berupa Model intervensi keperawatan pola asuh prenatal yang mengintegrasikan Teori Maternal Role Attainment, Becoming A Mother dan Teori Spiritual Well Being dengan mengoptimalkan interaksi dalam keluarga inti yang diaplikasikan pada primigravida untuk meningkatkan kesiapan menjadi Ibu dan kesejahteraan janin.
Melalui disertasi yang berjudul “Pengembangan Model Pola Asuh Prenatal Berbasis Spiritual terhadap Kesiapan Menjadi Ibu dan Kesejahteraan Janin pada Primigravida” dapat meraih gelar Doctor bidang ilmu Keperawatan pada tanggal 10 Januari 2024. Gelar Doktor diperoleh melalui Ujian Disertasi Tertutup setelah memenuhi persyaratan sebagaimana SK Rektor Universitas Airlangga.
Temuan baru dari penelitian didapatkan bahwa faktor ibu dan faktor spiritual merupakan indikator tertinggi pembentuk pola asuh prenatal. Faktor spiritual dapat berpengaruh langsung terhadap kesiapan menjadi ibu namun pengaruhnya akan lebih besar jika melalui pola asuh prenatal berbasis spiritual.
Model ini dapat diadopsi dan memberikan acuan kepada perawat maternitas dalam memberikan pelayanan pada ibu hamil. Model dapat digunakan oleh ibu hamil primigravida yang menjalani transisi peran sebagai upaya meningkatkan kesiapan menjadi ibu dan kesejahteraan janin.
Disertasi berhasil dipertahankan dihadapan penguji Prof. Dr. Ah. Yusuf, SKp., M.Kes, Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., M.H, Prof. Dr. Nursalam, M. Nurs. (Hons), Dr. Budi Parsetyo, dr.SpOG, Prof. Dr. Tintin Sukartini, S.Kp., M.Kes, dan Dr. Hilmi yumni, S.Kep.Ns,M.Kep, Sp.Mat dan Dr. Sri Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Mat dinyatakan lulus Predikat Cumlaude dengan masa studi 2 tahun 10 bulan dan mendapatkan IPK 4.00.
Dengan demikian, Dr. Sri Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Mat tercatat sebagai Doktor keperawatan ke-37 dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Perjuangan tidak ada yang mudah namun dengan penuh keyakinan dan kesungguhan hasil yang maksimal akan di dapatkan karena tidak ada sesuatu yang luar biasa dengan usaha yang biasa.
Akhirnya, hanya ungkapan rasa syukur dan terimakasih yang tak terhingga saya haturkan, kepada Universitas Airlangga khususnya Fakultas Keperawatan atas pengalaman luar biasa. Dalam sepanjang perjalanan saya belajar, baru disinilah saya menemukan betapa adab sangat di junjung tinggi, adab ditempatkan diatas ilmu sehingga ilmu diajarkan dengan penuh kesantunan, dengan penuh cinta dan kasih sayang. Semoga hal ini menjadikan semakin bertambahnya keberkahan bagi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Semoga Ilmu yang saya peroleh dapat menambah ketaatan pada Allah, ketawadhu’an, dan memberikan manfaat untuk kemaslahatan ummat.

Pin It
Hits 417

Berita Terbaru