INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Menjaga Kebersihan Diri (Personal Hygiene) pada Pasien di Ruang Gelatik RS Jiwa Menur Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 03 February 2024

NERS NEWS – Personal hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Personal hygiene (kebersihan perorangan) adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Pemeliharaan hygiene perorangan diperlukan untuk kenyamanan individu, keamanan, dan kesehatan. Seperti pada orang sehat mampu memenuhi kebutuhan kesehatannya sendiri, pada orang sakit atau kelainan fisik memerlukan bantuan perawat untuk melakukan praktik kesehatan yang rutin. Menurut Departemen Kesehatan RI (2017) hygiene merupakan upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan. Contohnya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk melindungi kebersihan tangan, mencuci piring untuk kebersihan piring, dan membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan.

Penyakit yang menular lebih cepat menyebar pada suatu kelompok yang tinggal bersama. Seperti penyebab penularan penyakit yang terjadi dalam suatu kelompok di Ruang Gelatik Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya adalah kurangnya kebersihan diri yang dilakukan oleh pasien-pasien Ruang Gelatik dikarenakan pasien-pasien tersebut tidur bersama, mandi bersama, menggunakan alat mandi secara bergantian, dan kurangnya motivasi diri untuk melakukan perawatan diri menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit menular.

Upaya yang dilakukan kelompok Gelatik II Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyakit menular di Ruang Gelatik II adalah dengan melakukan penyuluhan kepada pasien mengenai cara menjaga kebersihan diri (personal hygiene). Tujuan dilakukannya personal hygiene adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan, memelihara kesehatan diri, memperbaiki personal hygiene, mencegah penyakit, meningkatkan kepercayaan diri, dan menciptakan keindahan (Chrsty, 2020). Tujuan kelompok kami melakukan penyuluhan mengenai personal hygiene tersebut adalah agar pasien-pasien di Ruang Gelatik II mengetahui definisi personal hygiene, mengetahui tujuan, jenis-jenis, tindakan, dan dampak kurangnya menjaga personal hygiene.

Acara penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Januari 2024 pukul 10.30 WIB. Acara penyuluhan ini dihadiri oleh hampir semua pasien di Ruang Gelatik II yang tidak sedang terapi atau mempunyai kegiatan lain. Acara dimulai dengan kontrak waktu, menjelaskan tujuan penyuluhan dilanjutkan dengan pemaparan materi kemudian evaluasi. Pada kegiatan tersebut, pasien-pasien di Ruang Gelatik II antusias mendengarkan materi yang dijelaskan oleh kelompok 2. Di dalam penyuluhan tidak ada yang mengajukan pertanyaan namun ketika diminta untuk melakukan praktik cuci tangan mandiri, pasien-pasien di Ruang Gelatik II dapat melakukannya, dan ketika diberikan pertanyaan mengenai macam-macam personal hygiene, waktu-waktu dilakukan cuci tangan, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar personal hygiene, pasien-pasien tersebut dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.

 

Penulis : Kelompok Gelatik II
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 555

Berita Terbaru