INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Workshop: Pengembangan Inovasi dan Transdisipliner pada Demensia

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 03 February 2024

NERS NEWS - Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses menggelar kegiatan Workshop dengan tema “Development of Innovation and Transdisciplinary in Dementia and Aging” yang dilaksanakan dua hari pada Senin (20/01/2024) dan Selasa (22/01/2024) di Hotel Bumi, Surabaya. Kegiatan Workshop tersebut dihadiri oleh Dekan dan beberapa Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Prof. Dr. Eng. Chastine Fatichah, S.Kom, M.Kom Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Hadziq Fabroyir, Ph.D, serta Tahta Amrillah, Ph.D selaku pemateri pada kegiatan workshop kali ini.

Kegiatan Workshop ini merupakan kegiatan pembelajaran yang berfokus membahas permasalahan dan proses pengembangan inovasi dan transdisipliner dalam penuaan seseorang yang mengalami demensia. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari solusi dan gambaran teknologi yang dapat digunakan dan dikembangkan untuk perawatan pasien khususnya lansia dengan demensia, sehingga dengan adanya inovasi-inovasi baru tersebut dapat menjadi intervensi pada lansia untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kegiatan Workshop hari pertama, Senin (20/01/2024) diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga, pemaparan laporan tanggung jawab kegiatan, lalu dilanjutkan sambutan-sambutan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga serta Wakil Rektor RICD. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Hadziq Fabroyir Ph.D. Pada kegiatan workshop tersebut pemateri menyampaikan materi dengan judul "Augmented Reality for Older Adults: Potential and Challenges" dimana materi tersebut membahas mengenai teknologi yang menambahkan elemen sensor penglihatan dan pendengaran secara digital untuk selanjutnya diintegrasikan ke dunia fisik sehingga menciptakan pengalaman yang lebih meningkat dan interaktif. Penambahan elemen tersebut digabungkan dengan input yang dikenakan (wearable) atau yang dipegang (handheld).

Setelah pemaparan materi pertama disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan ISHOMA dan pemaparan materi kedua oleh Prof. Dr. Eng. Chastine Fatichah, S.Kom, M.Kom Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan judul “Interdisciplinary of Engineering and Health Care System”. Materi tersebut membahas mengenai asisten perawat virtual yang terintegrasi oleh AI. Lalu, kegiatan selanjutnya yakni pemaparan draft dan konsep DARC oleh ketua DARC dan penutupan oleh moderator pada pukul 16.30 WIB.

Kegiatan Workshop hari kedua, Selasa (21/01/2024) diawali pemaparan materi oleh Prof. Dr. Eng. Chastine Fatichah, S.Kom, M.Kom dengan judul “Artificial Intelligence for Supporting Older People Need”. Materi tersebut membahas mengenai pemanfaatan AI dengan model deep learning. Deep learning merupakan kecerdasan buatan yang mengajarkan sistem untuk memproses data dengan cara mengenali pola kompleks dalam gambar, teks, suara, dan data lain untuk menghasilkan wawasan dan prediksi yang akurat. Pada pukul 11.00 Ketua DARC menyampaikan visi, misi, dan tujuan DARC. Kegiatan selanjutnya, peserta workshop diberikan waktu untuk melaksanakan ISHOMA sebelum melanjutkan pemaparan materi selanjutnya.

Materi kedua yakni disampaikan oleh Hadziq Fabroyir Ph.D dengan judul “Virtual and Augmented Reality Applications for Improving Daily Activities in Older Adults”. Dalam pemaparan materi tersebut, Hadziq menjelaskan tentang penggunaan aplikasi dengan AR dapat membantu menangani lansia dengan demensia melalui bantuan terapi dalam merangsang aktivitas kognitif dan motorik serta pemantauan kondisi kesehatan mereka. Kegiatan tersebut selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan struktur organisasi DARC oleh Ketua DARC dan acara Workshop hari kedua ditutup oleh moderator pada pukul 15.30 WIB.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama dua hari ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kesehatan dan perawatan pasien, menciptakan riset-riset baru terkait penerapan AI dalam topik demensia maupun masalah kesehatan lainnya serta menjadi inovasi teknologi baru yang tepat guna dalam bidang keperawatan yang aplicable, efektif, dan efisien.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 309

Berita Terbaru