INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

RAIH CUMLAUDE DI STUDI DOKTOR dengan “MENGEMBANGKAN MODEL RESILIENSI KELUARGA BERBASIS KOPING SPIRITUAL TERHADAP KEMAMPUAN MERAWAT PENDERITA SKIZOFRENIA”

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 07 February 2024

NERS NEWS - Kemampuan keluarga merawat menjadi isue utama perawatan penderita skizofrenia, hal ini karena merawat penderita menyebabkan trauma keluarga. Salah satu faktor penyebab ketidakmampuan merawat karena keluarga tidak pada kondisi resilien. Berdasarkan fenomena penelitian tersebut, mahasiswa atas nama Faizatur Rohmi dari program Doktor Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dipromotori oleh Prof. Dr. H. Ah yusuf, S.Kep., Ns., M.Kes dan Ko Promotor Dr Rizki Fitryasari P.K, S.Kep., Ns., M.Kep menegembangkan penelitian dengan judul “Model resiliensi Keluarga Berbasis Koping Spiritual untuk meningkatkan kemampuan keluarga merawat penderita skizofrenia”.
Disertasi tersebut berhasil dipertahankan dihadapan para penguji: Prof Dr Nursalam, M.Nurs (Hons), Prof Dr Ah Yusuf M.Kes, Dr Rizki Fitryasari P.K, S.Kep., Ns., M.Kep, Ferry Efendi, S.Kep.Ns., M.Sc.,PhD, Dr. Hanik Endang Nihayati, S.Kep.Ns., M.Kep, Prof. Dr. Suprajitno, S.Kp., M.Kes, Dr. Ahsan, S.Kp., M.Kes dan Dr. Sri Mugianti, S.Kep.Ns., M.Kep pada tanggal 2 Februari 2024 dan dinyatakan lulus Predikat Cumlaude dengan masa studi 2 tahun 5 bulan,
Novelty yang dihasilkan oleh mahasiswa tersebut yaitu untuk meningkatkan kemampuan merawat keluarga pada penderita skizofrenia dapat dibangun dari resiliensi berbasis koping spiritual. Hal ini dikarenakan dengan koping spiritual keluarga menjadikan keluarga lebih kuat, lebih sadar dan lebih mampu mengatasi setiap stresor dan beban yang dirasakan atau faktor risiko lainnya sehingga resiliensi yang dimilikinyapun lebih bertahan lama dan bernilai, ucap Faizatur Rohmi
Model ini dapat diadopsi dan memberikan acuan pada perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa pada keluarga dengan skizofrenia sehigga keluarga mampu merawat dengan baik dan kualitas hidup penderita lebih baik.
Dengan demikian, Dr. Faizatur Rohmi, S.Kep., Ns., M.Kep tercatat sebagai Doktor keperawatan ke-43 dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Semoga ilmu yang didapatkan menjadikan musabab dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaanya kepada ALLAH SWT, Amien.

Pin It
Hits 326

Berita Terbaru