INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tingkatkan Pemahaman Tentang Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an Melalui Agenda SKINers Mengaji

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 28 February 2024

NERS NEWS – SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan bimbingan dan pelatihan dalam belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah bacaan tajwid melalui agenda SKINers Mengaji pada Kamis, (22/02/2024). Dalam rangka menambah wawasan ilmu tentang cara membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid, acara ini dilaksanakan sejak Kamis, (22/02/2024) hingga Jumat, (23/02/2024).

Acara SKINers Mengaji ini ditujukan untuk muslim muslimah KM FKp Universitas Airlangga dengan turut menghadirkan Ustaz M. Heru Abdur Ro’ufur Rochim. Beliau merupakan Kepala Madin Hidayatullah Panjang Jiwo Surabaya dan Katib Ranting Nahdlatul Ulama’ Panjang Jiwo Surabaya. Acara dilaksanakan secara offline selama 2 hari di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Pada kegiatan kajian ini, juga diadakan pretest dan post test yang disediakan oleh panitia untuk mengetahui tingkat pemahaman para mahasiswa baru sebelum dan sesudah disampaikan materi. Setelah selesai acara, peserta, panitia, dan juga pemateri akan mendapatkan sertifikat yang disiapkan oleh panitia.

Materi pada hari pertama acara adalah tentang bagaimana hukum mempelajari dan juga mengamalkan ilmu tajwid dalam kehidupan sehari-hari. Ustaz M. Heru Abdur Ro’ufur Rochim menjelaskan bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid adalah hukumnya fardu kifayah, sedangkan membaca Al-Quran dengan baik (sesuai dengan ilmu tajwid) itu hukumnya fardu ain. Topik lainnya yang dipaparkan adalah syarat dalam membaca Surat Al-Fatihah. Beliau menjelaskan bahwa terdapat 10 syarat dalam membaca Surat Al-Fatihah.

“Harapan saya diadakan SKINers Mengaji untuk KM Fkp dapat membaca firman Allah SWT dalam Al-Qur'an dengan benar sesuai tajwid dan hukum gharib agar memperoleh keridhaan-Nya,” Tegas Mareta Cahya Azahra, selaku ketua pelaksana.

 

Penulis : Shevira Regita Maharani (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 294

Berita Terbaru