INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Suksesnya Realisasi “Skiners Mengaji 2024” sebagai Program Kerja Offline Pertama Skiners Avicenna 2024/2025

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 03 March 2024

NERS NEWS - Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah berhasil menyukseskan program kerja pertama mereka yang berbasis offline selama masa kepengurusan 2024/2025 pada tanggal 22 dan 23 Februari 2024. Program tersebut yakni “SKINers Mengaji”.

SKINers Mengaji sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang berbasis pembelajaran tentang cara mengaji yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid dan ghorib yang tepat. Urgensi dilaksanakannya kegiatan ini didasarkan pada hakikat Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam yang pertama serta petunjuk hidup umat Islam sampai hari kiamat sehingga sangat penting bagi umat Islam untuk mempelajari Al-Qur’an dengan tepat, baik itu dari maknanya maupun cara membacanya.

Membaca Al-Qur’an tentu harus dilakukan dengan tepat karena satu saja kesalahan dalam melafadzkan Al-Qur’an dapat mengubah kandungan serta makna yang ada. Selain itu, membaca Al-Qur’an merupakan suatu amalan yang bernilai ibadah sehingga penting bagi setiap individu agar senantiasa mampu untuk menguasainya dengan baik sebagai langkah dalam mencapai ridho dan berkah Allah Swt. dalam beribadah. Tentunya, kegiatan “SKINers Mengaji” yang diadakan oleh Departemen Kemakmuran Musholla Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga merupakan salah satu langkah yang cemerlang dalam mewujudkan ketepatan salah satu jenis ibadah tersebut, yakni membaca Al-Qur’an serta dapat membantu mewujudkan tujuan utama Universitas Airlangga sebagai World Class University dalam poin keagamaan yaitu menghasilkan lulusan bermoralkan agama dan mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

SKINers Mengaji 2024 menggaet Ustadz M. Heru Abdur Ro'ufur Rochim yang merupakan seorang khatib ranting Nadhlatul Ulama' Panjang Jiwo Surabaya serta pengasuh Majlis Ta’lim dan Dzikir Hidayatullah sebagai pemateri selama 2 hari berturut-turut. Ustadz Heru berhasil membawa materi terkait bacaan gharib serta tajwid dengan baik dan mudah dipahami. Para peserta juga dapat merespon materi yang disampaikan dengan baik dan memberi feedback yang mendukung.

"Untuk kegiatan SKINers Mengaji 2024 Alhamdulillah terlaksana dengan lancar, tetapi ada juga beberapa kendala pada saat waktu pemberian materi dikarenakan kurangnya komunikasi dari panitia kepada pematerinya sendiri", ungkap Mareta Cahya Azahra selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan tersebut.

Mareta Cahya Azahra mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia SKINers Mengaji yang telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini. Apresiasi penuh juga ia tujukan kepada peserta SKINers Mengaji 2024 hari pertama maupun kedua karena telah meluangkan waktunya untuk dapat belajar mengaji bersama serta turut menyukseskan program tersebut.

“Harapan untuk acara SKINers Mengaji kedepannya mahasiswa bisa menyerap ilmu dari pemateri dengan baik agar dapat mengamalkan apa yang sudah didapatkan selama mengikuti acara SKINers Mengaji tersebut”.

Penulis: Sajidah Syawala Raisya Diandra Putri Widofar (Sie Kerohanian Islam Ners)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 309

Berita Terbaru