INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

BAPERAN 2024 : Bersihkan Pesisir Kenjeran dengan Satukan Tekad untuk Berjuta Aksi

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 14 March 2024

NERS NEWS – Departemen Sosial dan Masyarakat (SOSMAS) BEM Fakultas Keperawatan baru saja melaksanakan salah satu program kerja terbaru mereka yakni BAPERAN. Bersihkan pesisir Kenjeran atau disebut dengan BAPERAN adalah kegiatan dimana para anggota SOSMAS dan keluarga Mahasiswa FKp saling bekerja sama untuk membersihkan area pesisir Pantai Kenjeran yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024.

BAPERAN merupakan sebuah program terbaru dan pertama kalinya bagi departemen SOSMAS menyusung tema kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kebersihan lingkungan bagi Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sebagai Mahasiswa kesehatan dan masyarakat dalam perannya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan ini juga berlandaskan SDGs nomor 15 yang salah satu tujuannya adalah untuk melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan.

Kegiatan BAPERAN dilaksanakan hari minggu pagi dengan dimulainya registrasi oleh panitia dan volunteer berkumpul di depan Fakultas Keperawatan. Setelah itu kami berangkat bersama-sama ke pesisir Pantai Kenjeran menggunakan sepeda motor. Sesampainya di pesisir Pantai Kenjeran, kegiatan bersih-bersih pun dimulai dengan berkumpul dengan kelompok masing-masing lalu selanjutnya dilakukan pembagian area pembersihan oleh panitia terkait. Panitia dan volunteer tampak terlihat bersemangat selama kegiatan berlangsung. Setelah kegiatan bersih-bersih pesisir Pantai Kenjeran berakhir, kami berkumpul kembali untuk istirahat. Panitia membagikan konsumsi dan makan bersama dengan anggota volunteer. Selanjutnya terdapat awarding kepada kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak dan kegiatan pun ditutup dengan sesi foto bersama. BAPERAN merupakan kegiatan baru tetapi cukup menarik perhatian dan minat para volunteer dari keluarga Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Dilihat dari cukup banyaknya antusias para volunteer ketika mendaftar dan juga meramaikan program kerja tersebut dengan berbagi momen ketika membersihkan pesisir pantai kenjeran kemudian menguploadnya di media sosial mereka dengan berbagai macam kreasi yang menarik.

"Gak nyangka, walaupun baru pertama kali dilaksanakannya proker ini, para volunteer dedikasinya tinggi banget. Dari pucuk ke pucuk itu semua sampahnya diangkut. Di sini kita juga dapat bantuan dari pihak setempat buat angkut sampahnya dari DLH, difasilitasi truk sampah. Jadi semuanya jadi mudah”, ungkap Norman Nafi Ramadhani selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan tersebut.

Norman Nafi Ramadhani juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan anggota volunteer karena telah bekerja keras dan berpartisipasi dalam kegiatan dari awal hingga akhir sehingga program ini dapat berjalan dengan sukses.

 

Penulis : Sandrina Humaira
Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 333

Berita Terbaru