INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pendidikan Kesehatan "DBD (Demam Berdarah Dengu)" di Puskesmas Kalijudan bersama Mahasiswa

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 01 April 2024

NERS NEWS - Surabaya, 20 Maret 2024 – Kelompok 3 dan 4 Puskesmas Kalijudan telah melaksanakan penyuluhan terkait DBD. Kegiatan dilakukan pada pikul 07.30 WIB sebelum pelayanan dimulai yang bertempatan di ruang tunggu Puskesmas Kalijudan Surabaya. Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue tipe 1-4 melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sehingga berpotensi terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) (Nurbaya & Pertiwi, 2019). DBD merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia terutama di musim penghujan.
Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para pengunjung Puskesmas Kalijudan Kegiatan tersebut diinisiasi oleh seluruh anggota kelompok 3 dan 4 Angkatan 2019 Profesi Ners 2024 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya. Tujuan dari program ini adalah setelah dilakukan kegiatan sosialisasi di Puskesmas Klampis Ngasem Surabaya terkait “Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD)” diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat mengenai demam berdarah dan bagaimana pencegahannya. Diharapkan melalui kegiatan ini, para warga Kalijudan terutama yang berkunjung di puskesmas saat itu menjadi lebih paham terkait kesehatan mereka dan mampu mencegah terjangkitnya penyakit dan atau wabah DBD (Demam Berdarah Dengue).
Penyuluhan terkait Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu langkah preventif untuk mencegah terjadinya kejadian luar biasa akibat DBD. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi salah satu tugas Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
Penyuluhan ini mendapatkan dukungan dan sambutan yang baik dari tenaga kesehatan yang bekerja di Pukesmas Kalijugdan dan dari keluarga pasien ygang sedang mengikuti. Respon positif terlihat dari antusiasme peserta saat mengikuti acara penyuluhan ini. Pendidikan kesehatan yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat dan tambahan informasi dan wawasan terkait DBD Demam Berdarah Dengue.
Oleh: Hanifah Birra Kharisma

Pin It
Hits 309

Berita Terbaru