INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Upaya Peningkatan Pengetahuan Tata Cara Batuk Efektif, Mahasiswa Profesi Berhasil Menarik Perhatian Sasaran Melalui Program PKRS

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 04 April 2024

NERS NEWS - Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang diselenggarakan oleh mahasiswa profesi Ners Kelompok 4 pada stase Keperawatan Kritis dan Gawat Darurat di RSUA berjalan dengan sukses pada Jumat (22/3/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada pasien dan keluarga pasien di poli tuberculosis dengan fokus pada tata cara bagaimana batuk efektif pada pasien dengan pneumonia.

Kelompok 4 Stase Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis telah mempersiapkan materi penyuluhan kesehatan dengan sangat baik. Mereka juga telah menyiapkan media pelaksanaan kegiatan berupa leaflet dan poster yang informatif. Mahasiswa juga menyediakan barcode pada lampiran akhir leaflet, dengan tujuan agar peserta dapat meninjau kembali materi yang diberikan sewaktu diperlukan. Sasaran penyuluhan kesehatan, yaitu keluarga pasien di ruang tunggu poli tuberculosis yang hadir secara langsung.

Kegiatan PKRS telah dilaksanakan sesuai waktu yang telah disepakati, menunjukkan kedisiplinan dan ketepatan waktu oleh mahasiswa. Antusiasme keluarga pasien terlihat, mereka aktif mengajukan pertanyaan dan mampu menjawab pertanyaan pemateri mengenai cara batuk efektif yang tepat. Mahasiswa juga berhasil membuat sasaran tertarik dengan kegiatan penyuluhan pendidikan kesehatan.

Mahasiswa Ners mampu menjelaskan dengan baik pengertian pneumonia, penyebabnya, gejala, serta tatalaksana yang dapat dilakukan. Selain itu, mereka berhasil menjelaskan langkah-langkah batuk efektif dengan memperagakan secara langsung. Keluarga pasien terlibat aktif dalam sesi pertanyaan, dan mahasiswa dapat memberikan jawaban yang memuaskan sehingga dapat meningkatkan pemahaman sasaran.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keluarga pasien yang menjadi sasaran PKRS mampu memahami dan menjelaskan kembali tentang batuk efektif. Mereka juga mampu memahami penyebab pneumonia serta tindakan pencegahan yang perlu diambil. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa PKRS telah memberikan dampak positif dalam peningkatan pengetahuan kesehatan masyarakat.

Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di RSUA berhasil mencapai tujuannya dengan sukses. Mahasiswa Ners tidak hanya memenuhi kriteria evaluasi, tetapi juga mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman keluarga pasien tentang pneumonia dan cara batuk efektif.

 

Penulis: Widya
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 274

Berita Terbaru