INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Fakultas Keperawatan Unair Sukses Menggelar Workshop Dementia and Aging Care Research Center

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 23 April 2024

NERS NEWS - Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses menggelar Workshop dengan topik “Social-Economic on The Aging Population and Health Care” yang dilaksanakan pada Kamis (28/03/2024) di Airlangga Sharia & Entrepreneurship Education Center Universitas Airlangga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta yang terdiri dari dosen dan diisi oleh pemateri-pemateri dalam bidang keilmuan sosial dan ekonomi.

Workshop “Dementia and Aging Care Research Center (DACRC)” merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membantu dosen dan seluruh civitas akademika Universitas Airlangga meningkatkan perawatan melalui Pusat Pengembangan Penelitian Demensia dan Lansia. Pusat Pengembangan Penelitian Demensia dan Lansia adalah fasilitas yang bertujuan untuk memberikan perawatan dan dukungan, serta program-program pengembangan yang dilengkapi dengan layanan medis, rehabilitasi, sosial, dan psikologis untuk memenuhi kebutuhan individu yang mengalami demensia dan lanjut usia.

Kegiatan Workshop “Dementia and Aging Care Research Center (DACRC)” diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ah. Yusuf S., S.Kp., M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga serta sambutan oleh Warek RICD. Kegiatan workshop selanjutnya diisi dengan pemaparan materi “Social-Economic Effect on The Aging Population and Health Care: Potentials and Challenges” oleh narasumber dari Universitas Gadjah Mada. Pemaparan materi tersebut membahas tentang dampak sosial-ekonomi terhadap populasi lanjut usia dan layanan kesehatan memiliki potensi besar dan tantangan yang signifikan. Meningkatnya beban ekonomi untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam memenuhi kebutuhan layanan kesehatan yang mengalami lonjakan dapat mempengaruhi aspek sosial seperti isolasi dan kesenjangan dalam akses layanan kesehatan sehingga dapat memperburuk masalah kesehatan mereka.

Kegiatan workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang juga berasal dari Universitas Gadjah Mada. Pada pemaparan materi kedua ini mengusung tema “Interdisciplinary of Social Economic and Health Care System”. Sosial-ekonomi dan kesehatan merupakan jalinan kompleks yang saling mempengaruhi dimana interaksi masyarakat, distribusi sumber daya ekonomi, dan akses terhadap pelayanan kesehatan sangat penting untuk menciptakan lingkungan sosial yang lebih sehat secara keseluruhan dengan mendukung akses terhadap perawatan yang lebih baik. Selanjutnya, pada akhir kegiatan workshop ini ditutup dengan wrap up dan penutupan oleh MC.

Pelaksana kegiatan Workshop “Dementia and Aging Care Research Center (DACRC)” menyampaikan bahwa selama proses persiapan dan pelaksanaan kegiatan tidak memiliki masalah yang berarti. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga juga telah mempersiapkan workshop selanjutnya dengan tema “Development of caring and Sustainability in Dementia and Aging”. Oleh karena itu, diharapkan adanya workshop ini dapat memberikan pengetahuan dan terlaksananya peningkatan kapasitas keilmuan dalam bidang sosial-ekonomi DACRC Universitas Airlangga.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 305

Berita Terbaru