INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cegah Cyber Bullying Airlangga Nursing Journalist 2024

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 25 June 2024

NERS NEWS - Airlangga Nursing Journalist tahun ini kembali hadir dengan sajian program kerja yang paling ditunggu-tunggu oleh khalayak umum, program kerja ANJ Fest kali ini menghadirkan kegiatan Campaign, Lomba Artikel dan Infografis serta diakhir dengan seminar sebagai penutupnya. ANJ Fest tahun ini menarik banyak sekali audiens baik dari kegiatan Campaign, Lomba ataupun Seminar dengan benefit yang diberikannya. Ketiga kegiatan ini dilakukan secara daring dan juga luring selama kurang lebih 2 bulan. Mengangkat isu kesehatan mental dalam menyambut perayaan pers ANJ Festival juga melakukan seminar yang berjudul “Menyelamatkan Ruang Digital : Membangun Kesadaran dan Pencegahan Terhadap Cyber Bullying”. Seminar mengenai kesehatan mental ini disampaikan secara langsung oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yaitu Ibu Tiara Diah Sosialita, S.Psi., M.Si. secara luring di Fakultas Keperawatan Kampus C Universitas Airlangga.

Materi yang disajikan menarik banyak sekali audiens, seminar tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan usia baik pelajar SMA, mahasiswi Universitas Airlangga, serta mahasiswi Perguruan Tinggi lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta.

Kegiatan seminar ini dibuka dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga lagu Hymne Airlangga serta dilanjutkan dengan kegiatan sambutan dari ketua pelaksana dan juga ketua dari Airlangga Nursing Journalist. Tak lupa kegiatan ini juga menghadirkan jargon yang menambah semangat para peserta, yaitu “Be a Buddy Not a Bully Stop Cyber Bullying”. Jargon tersebut selalu disisipkan dalam sela-sela kegiatan guna menambah semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan.

Penyampaian materi yang disampaikan oleh Ibu Tiara Diah Sosialita, S.Psi., M.Si. menampilkan 3 topik bahasan besar yaitu bullying vs cyber bullying, dampak cyber bullying, pencegahan dan penanganan cyber bullying. Ibu Tiara juga menyampaikan secara langsung kepada audiens bagaimana sikap kita apabila melihat kejadian syberbullying yang marak terjadi di media sosial, "Jika kalian menemukan kasus seperti ini, maka kalian jangan diam, coba lakukan cara untuk melerai dan mendamaikannya dan coba untuk bicara dengan orang terdekat pelaku agar memberikan pengertian dan perhatian."

Kegiatan seminar ini sukses memotivasi para audiens dan membuka pemikiran audiens mengenai bagaimana cara mengatasi apabila menemui kasus seperti cyber bullying dan langkah apa yang harus kita lakukan kedepannya.

 

Penulis : Dwi Saputri Hayuningrum (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 157

Berita Terbaru