INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

SEHATI : Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS Dalam Tindakan Intervensi di Sentra Wisata Kuliner Deles MERR Surabaya

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 04 July 2024

NERS NEWS - Pada hari Selasa, 25 Juni 2024, mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kelas A4 angkatan 2022 dari kelompok 1 sukses menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dengan topik “SEHATI: Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS Dalam Tindakan Intervensi”. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga 16.00 WIB ini bertempat di Sentra Wisata Kuliner Deles MERR, Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari Project Based Learning (PJBL) yang terintegrasi dalam beberapa mata kuliah, yaitu Keperawatan Klien Dewasa Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi, Keperawatan Maternitas dan Keperawatan Anak, serta Keperawatan Komunitas dan Keperawatan Jiwa dan Psikososial.

SEHATI diselenggarakan dengan tujuan utama untuk melakukan penyuluhan mengenai HIV/AIDS pada kalangan dewasa. Secara khusus, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan penyuluhan kesehatan yang berfokus pada perbaikan pola hidup sehat untuk mencegah HIV/AIDS, menyampaikan informasi seputar HIV/AIDS di kalangan dewasa guna meningkatkan pengetahuan kesehatan, serta menciptakan umpan balik positif berupa peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku sehat masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta laki-laki dan perempuan berusia 20-45 tahun sebanyak 20 orang.

Rangkaian acara SEHATI dimulai dengan registrasi peserta dan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana. Inti acara berupa pemaparan materi tentang HIV/AIDS dan sesi tanya jawab. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada peserta. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan sesi dokumentasi bersama para peserta. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan tentang HIV/AIDS dan mengerti bagaimana menerapkan pola hidup sehat untuk pencegahan HIV/AIDS.

Keberhasilan acara SEHATI tidak lepas dari dukungan dan bimbingan dari para dosen pendamping. Ibu Lingga Dewi Curnia, S.Kep., M.Kep. selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Keperawatan Klien Dewasa, Ibu Ni Ketut Alit Armini, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Keperawatan Maternitas dan Anak, serta Ibu Dianis Wulansari, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D. selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Komunitas telah memberikan arahan dan bimbingan dari tahap penyusunan hingga pelaksanaan kegiatan.

Melalui kegiatan SEHATI ini, mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga tidak hanya memenuhi tugas akademik, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan project based learning seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam situasi nyata di masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan HIV/AIDS dan peningkatan kesehatan masyarakat secara umum.

 

Penulis : Rista Zulfidha Rindi

Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 205

Berita Terbaru