INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tidak Hanya sebagai Pembungkus Makanan Tim Pkm-K Unair Menciptakan Produk dari Daun Pisang

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 14 July 2024

NERS NEWS - Sekelompok mahasiswa yang terdiri dari Olivia, Hanin, Fitria, dan Fadilatul yang berasal dari satu fakultas yang sama yaitu Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga. Berhasil meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa dalam Skema Kewirausahaan (PKM-K) 2024. Tim dengan nama “AROMATERAPI” menciptakan sebuah inovasi produk berupa inhaler yang berasal dari ekstrak daun pisang untuk mengurangi stress.

Awal mula tim kami memiliki ide tersebut dikarenakan “Salah satu anggota tim kami yang melihat banyaknya pohon pisang yang ditebang dan daun pisang yang berserakan serta kurang dalam pemanfaatannya yang ternyata memiliki banyak kandungan dan manfaat di dalamnya. Selain itu, Alasan lainnya yaitu banyaknya berita di sosial media yang mengatakan banyak masyarakat yang mengalami stress yang mengakibatkan untuk mengakhiri hidupnya”. Ucap Olivia. Oleh sebab itu, tim kami memiliki Inovasi dalam pembuatan produk aromaterapi ini karena tingkat stress yang terus meningkat di kalangan masyarakat, serta kurangnya dalam pemanfaatan daun pisang yang biasanya hanya digunakan dalam pembungkus suatu makanan ternyata juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan contohnya bisa mengurangi stress.

Dengan keterbatasan waktu perealisasian program hanya sekitar 4 bulan, tim merasakan bahwa bimbingan dari UNAIR serta Fakultas Keperawatan UNAIR sangat membantu kami dalam persiapan dan menjalankan bisnis ini dengan lancar.

"Dengan pendanaan dari BELMAWA, tim AROMATERAPI dapat mengembangkan produk lebih lanjut dan dapat memproduksi dalam skala yang lebih besar. Tidak lupa juga dukungan dari dosen pembimbing kami, Ibu Rista Fauziningtyas yang dapat menjadikan tim kami bisa berjalan lancar dan bisa sesuai harapan kami”. Ucap Hanin.

 

Penulis : Olivia Bilqis Ayu Wijaya
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 193

Berita Terbaru