INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pecahkan Rekor! NEURON 2024 diikuti hampir 1000 peserta dari seluruh Indonesia

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 27 July 2024

NERS NEWS – NEURON (Natural and Education Science Competition In Nursing) kembali hadir sebagai serangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Profesi BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Sebelum lebih jauh, NEURON sendiri merupakan kegiatan berupa kompetisi tingkat nasional di bidang IPA dengan fokus bidang Keperawatan yang ditujukan untuk sekolah menengah atas dan sederajat di Indonesia yang memfasilitasi kompetisi berupa esai, poster, dan olimpiade. NEURON 2024 terlaksana dengan sangat baik disertai antusias tinggi dari para peserta yang tersebar di berbagai daerah. Kegiatan ini diselenggarakan secara bertahap dan ditutup dengan acara Open House yang dilaksanakan di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Dengan mengangkat tema “Transformasi Pelayanan Kesehatan Gawat Darurat Dalam Meningkatkan Kualitas Derajat Kesehatan Guna Mewujudkan Indonesia Sehat 2025”. NEURON 2024 memiliki Tujuan yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan daya pikir siswa-siswi SMA sederajat untuk pemecahan sebuah permasalahan, perkembangan mutu kesehatan dan peningkatan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, dengan terlaksananya NEURON diharapkan dapat menghasilkan umpan balik yang positif di berbagai bidang.

Lalu, seperti apa mekanisme dan gambaran kompetisi NEURON 2024?

Seperti pada ajang kompetisi lainnya, NEURON 2024 diawali dengan registrasi yang dibuka pada 24 Maret sampai 22 Mei 2024. Adapun penjelasan lebih lengkapnya dapat disimak sebagai berikut.

Esai

Sebagai salah satu cabang kompetisi yang ada pada kegiatan NEURON 2024, cabang kompetisi esai ini dilaksanakan secara individu. Dalam pelaksanaanya, cabang kompetisi esai memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat memilih sub tema dari total 5 subtema yang disediakan oleh panitia. Adapun pilihan subtema esai diantaranya:

  1. Implementasi Transformasi Digital Kesehatan di Indonesia.
  2. Urgensi Pemberian Pengetahuan Pada Masyarakat.
  3. Peningkatan Promosi Kesehatan Masyarakat Sebagai Kunci Untuk Meningkatkan Standar Perawatan Bencana.
  4. Eksplorasi Metode Alternatif Dalam Perawatan Luka Terbuka dan Luka Tertutup.
  5. Implementasi Prinsip Kegawatdaruratan Dalam Penanggulangan Bencana Alam.

Segala ketentuan penyusunan esai telah dijabarkan pada juknis yang dapat diakses oleh seluruh calon peserta NEURON 2024. Adapun pengumpulan karya dapat dilakukan pada 27 Mei hingga 30 Juni 2024 melalui E-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Berikut merupakan pemenang cabang kompetisi Esai NEURON 2024:

  • Juara 1: Naila Alma Larisa (SMAN 2 Kota Madiun) Dengan Judul “On-Heart Platform Edukasi BHD dan Layanan Telemedis menggunakan Sensor Fotodioda Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Penurunan Prevalensi Henti Jantung di Indonesia”.
  • Juara 2: Muhammad Rakha Raihanul Pasya (SMA Islam As-Shofa Pekanbaru) Dengan judul “Rancangan Disaster Ready Electric Nurse Car (Drenc) sebagai Solusi inovatif Penanggulangan Bencana di Indonesia”.
  • Juara 3: Puteri Aulia (SMAN 1 Belitang) Dengan judul “ABCTECAFA (ABC Technique As First AID) Pengenalan Teknik ABC sebagai Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas untuk Mencapai Indonesia Sehat 2025”.

Poster

Berbeda dengan esai, poster sebagai cabang kompetisi yang ada pada kegiatan NEURON 2024 ini merupakan cabang kompetisi yang diperuntukan untuk kelompok/tim yang berisikan maksimal 3 orang. Poster juga memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk dapat memilih sub tema dai total 5 subtema yang disediakan. Adapun pilihan subtema poster sebagai berikut:

  1. Implementasi Transformasi Digital Kesehatan di Indonesia.
  2. Urgensi Pemberian Pengetahuan Pada Masyarakat.
  3. Peningkatan Promosi Kesehatan Masyarakat Sebagai Kunci Untuk Meningkatkan Standar Perawatan Bencana.
  4. Eksplorasi Metode Alternatif Dalam Perawatan Luka Terbuka dan Luka Tertutup.
  5. Implementasi Prinsip Kegawatdaruratan Dalam Penanggulangan Bencana Alam.

Begitupun dengan ini, segala ketentuan penyusunan poster telah dijabarkan pada juknis yang dapat diakses oleh seluruh calon peserta NEURON 2024. Adapun pengumpulan karya dapat dilakukan pada 27 Mei hingga 30 Juni 2024 melalui E-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Berikut merupakan pemenang cabang kompetisi Poster NEURON 2024:

  1. Juara 1: SMAN 1 Paciran. Atas nama, Fadiya Almufrocha, Firsta Whillya Priankasasti, Laksamana Endiro Hardimansyah
  2. Juara 2: SMAN 1 Balikpapan. Atas nama, Shofia Latifah, Kalisha Rajwaa Azhar
  3. Juara 3: SMA Progresif Bumi Shalawat. Atas nama, Muhammad Farras Hibatullah, Muhammad Afif Rahmani, Nabil Maqom Bil Ilmi
  4. Juara Favorit: SMAN 2 Nganjuk. Atas nama, Fadhillah Aulia Ryswani, Larasati Hernanda Putri, Dewikinnara Ardhia Wirasati

Olimpiade

Sebagai cabang kompetisi yang memiliki beberapa tahapan, olimpiade terdiri dari bebagai babak yaitu, babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Di babak penyisihan dan semifinal, olimpiade dilakukan secara online dengan menggunakan salah satu platform online, berbeda dengan babak terakhir atau disebut dengan babak final, lomba dilakukan secara offline dengan menggunakan platform online. Sama halnya seperti cabang lomba esai, olimpiade ini merupakan cabang lomba yang diikuti secara individu. Adapun jadwal rangkaian seleksi olimpiade ialah:

  1. Try out atau simulasi olimpiade dilaksanakan secara online pada Minggu, 26 Mei 2024.
  2. Babak penyisihan olimpiade dilaksanakan secara online pada Minggu, 7 Juli 2024.
  3. Babak semifinal olimpiade dilaksanakan secara online pada Sabtu,13 Juli 2024.
  4. Babak final olimpiade dilaksanakan secara offline di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada Sabtu, 20 Juli 2024 bersamaan dengan Open House Neuron 2024.

Berikut merupakan pemenang cabang kompetisi Olimpiade NEURON 2024:

  1. Juara 1: Chelsia Olivia Marta (SMAN 2 Kediri)
  2. Juara 2: Tasya Nuura Pradipta (SMAN 1 Pacitan)
  3. Juara 3: Kaylia Hamida Hafidz Sovi (SMAN 1 Kediri)
  4. Juara Harapan: Rizqi Amalia (SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur)

Sebagaimana cabang kompetisi lainnya, olimpiade ini memiliki proteksi yang luar biasa pada platform yang digunakan untuk berkompetisi. Adapun keamanan dan antisipasi terhadap kecurangan yang dilakukan oleh peserta dapat diketahui panitia penyelenggara dengan baik. Sehingga para peserta yang lolos olimpiade ini merupakan individu yang memiliki kemampuan akademik yang luar biasa dan pantas mendapatkannya.

Open House Neuron 2024

Open House sebagai serangkaian kegiatan NEURON 2024 yang menjadi puncak acara terlaksananya kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juli 2024. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, acara ini dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan final cabang kompetisi Olimpiade NEURON 2024. Pada saat yang ditunggu-tunggu, seluruh peserta yang mengikuti kompetisi di NEURON hadir secara offline untuk menerima pengumuman pemenang pada masing-masing cabang. Tak kalah menarik, seluruh peserta juga mendapatkan kesempatan untuk tour di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Antusias para peserta NEURON 2024 sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya 150 peserta yang datang pada kegiatan Open House ini. Berikut merupakan susunan acara Open House NEURON 2024 yakni, dimulai dengan pembukaan pada pukul 11.00 WIB, dilanjutkan dengan Talkshow, ISHOMA, lalu Tour Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Pengumuman juara, Penyerahan hadiah, dan diakhiri dengan sesi foto bersama atau dokumentasi pada Pukul 16.20. Tidak hanya itu, pada kegiatan Open House ini juga tersedia bazar yang terletak di lapangan dalam sekitar fakultas. Dalam hal mendukung UMKM, bazar ini turut memeriahkan acara dan menjadi wadah bagi para peserta yang merasa haus, lapar, ataupun sekadar membeli kenang-kenangan setelah mengikuti kegiatan NEURON 2024 yang memberikan kesan tersendiri bagi mereka. Karena selain pengalaman yang berharga dan ilmu yang bermanfaat, mereka juga bertemu dengan banyak teman baru disini.

Ratusan bahkan ribuan rasa syukur tercurahkan atas terselenggaranya rangkaian kegiatan NEURON 2024 dengan sangat baik. Atas proses yang panjang baik dari panitia maupun peserta melahirkan harapan besar untuk kesuksesan acara ini. Rizka Ilma Fadillah selaku ketua pelaksana NEURON 2024 menyampaikan terima kasih untuk seluruh panitia NEURON 2024 yang telah bekerja sama dari awal hingga akhir. Ia juga berharap semoga NEURON 2024 dapat memberikan manfaat untuk semua orang yang terlibat dan menjadikan ini pengalaman berharga. Terima kasih kepada seluruh peserta dan selamat kepada para pemenang di kegiatan NEURON 2024, kesuksesan menanti kita di masa depan.

 

Penulis: Vidia Syahira Armanda
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 170

Berita Terbaru