INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Finalist IHEC

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 02 August 2024

NERS NEWS - SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan presentasi finalis Islamic Health Essay Competition (IHEC) pada Senin, (15/07/24). Dengan mengusung tema “Kesiapsiagaan Bencana dalam Pelayanan Kesehatan melalui Integrasi Teknologi Inovatif dan Spiritualitas untuk Meningkatkan Respon Darurat” acara sukses dilaksanakan melaui platform zoom meeting.

IHEC (Islamic Health Essay Competition) merupakan kompetisi esai mahasiswa muslim tingkat nasional yang diselenggarakan oleh SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga setiap tahun. Lomba ini dapat diikuti oleh mahasiswa muslim di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia pada jenjang D3, D4 dan S1 yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.

IHEC bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang karya tulis, khususnya esai. Melalui lomba ini mahasiwa dituntut untuk memberikan inovasi serta gagasan mereka mengenai kesiapsiagaan bencana dan peningkatan respon darurat di Indonesia.

“Pada tahun ini, kami mengangkat isu tentang kesehatan dan kesiapsiagaan bencana untuk meningkatkan derajat kesehatan serta respon darurat masyarakat guna mencapai Indonesia Emas 2045 dan mendukung upaya PBB dalam mengoptimalkan Sustainable Development Goals (SDGs) pada bidang kesehatan melalui inovasi ide atau gagasan dari mahasiswa muslim di Indonesia yang dituangkan lewat karya tulis (esai).” Terang Aulia Fitri Salsabila PIC IHEC 2024.

Acara diawali dengan pengiriman karya yang dilanjutkan dengan presentasi lima finalis pada 15 Juli 2024. Para finalis mempresentasikan karya dan gagasan mereka. Karya mereka sangat inovatif dan menarik seperti BALENI: Butterfly Life Journey, Modul IS-HEC sebagai media trauma healing dan pembelajaran mitigasi bencana, MAGENTA (Mentorship Antar Generasi Tangguh), Swatch Edun Team dan Inovasi Earthquake Detector Berbasis IOT.

“Alhamdulillah, presentasi dan tanya jawab yang diselenggarakan pada 15 Juli 2024 berjalan dengan lancar. Ide dan gagasan yang dikemukakan oleh finalis sangat menarik dan kreatif. Proses pelaksanaan sesi tanya jawab juga menarik dan menantang tentunya dengan adanya feedback dari juri yang kompeten dan antusias para finalis untuk pertahankan argumentnya masing-masing.” jelas Aulia.

Aulia dan segenap panitia IHEC berharap kedepannya IHEC dapat diselenggarakan setiap tahunnya dengan lancar, semakin banyak partisipasinya dan semakin sukses.

 

Penulis: Elly Yuana Permadani R.I
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 138

Berita Terbaru