INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Update Materi 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dan 3N(Nanda, NIC, NOC) Pada Workshop Standar Asuhan Keperawatan Maternitas

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 09 August 2024

NERS NEWS - Keperawatan maternitas merupakan bidang yang vital dalam dunia kesehatan, terutama dalam memastikan kesejahteraan ibu dalam tugas reproduksi dan bayi baru lahir, serta membantu perkembangan keutuhan keluarga. Praktik pelayanan keperawatan maternitas meliputi pelayanan asuhan keperawatan kepada wanita usia subur, wanita dalam masa kehamilan, persalinan dan nifas sampai 40 hari, bayi baru lahir sampai dengan 28 hari dan wanita dengan masalah kesehatan reproduksi. Pelaksanaan pelayanan asuhan keperawatan kepada ibu dan bayi baru lahir secara optimal perlu didukung oleh kompetensi yang memadai dari perawat pelaksana, pendidik, dan pengelola dengan kebijakan yang diterapkan sesuai peraturan yang berlaku.
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan pengetahuan para perawat di bidang ini, workshop standar asuhan keperawatan maternitas menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting. Maka Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, mengirimkan 5 orang tim Dosen mengikuti workshop asuhan keperawatan maternitas berdasarkan pendekatan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dan 3N(Nanda, NIC, NOC) diantaranya Ni Ketut Alit Armini, SKp.,MKes; Dr. Mira Triharini, SKp.,MKep; Tiyas Kusumaningrum, SKep.,Ns.,MKep; Retnayu Pradanie, SKep.,Ns.,MKep; dan Aria Aulia Nastiti, SKep.,Ns.,MKep.
Workshop diselenggarakan oleh Ikatan Perawat Maternitas Jawa Timur selama 3 hari pada tanggal 16-17-18 Mei 2024 bertempat di Hotel Morazen Surabaya. Kegiatan workshop berlangsung lancar dan dinamis meliputi pemaparan materi dari narasumber yang kompeten, diskusi tanya jawab, dan tugas kerja kelompok sesuai pemilihan bagian kompetensi keperawatan maternitas. Kegiatan workshop penyusunan standar asuhan keperawatan maternitas berdasarkan SDKI, SLKI, SIKI dan Nanda, NIC, NOC merupakan salah satu bentuk kegiatan implementasi peningkatan kompetensi staff FKp Unair untuk mendukung capaian indikator kinerja utama institusi.

Kompetensi perawat dapat dicapai melalui pendidikan berkelanjutan, pelatihan dan penerapan standar yang sesuai. Diharapkan dengan tersedianya perawat maternitas yang memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan bayi. Workshop ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang pendekatan dalam asuhan keperawatan, tetapi juga membuka ruang bagi para perawat untuk berbagi pengalaman, belajar dari para ahli, dan memperdalam pemahaman tentang pentingnya perawatan holistik bagi ibu dan bayi. Dengan mengikuti workshop ini, para perawat diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih profesional, empati, dan berkualitas tinggi, sehingga dapat mendukung kesehatan ibu dan bayi secara optimal.

Penulis: Ni Ketut Alit Armini

Pin It
Hits 141

Berita Terbaru