INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tingkatkan Inovasi Kesiagapan Bencana melalui Serangkaian Kegiatan IHEC (Islamic Health Essay Competition) SKINERS FKp Unair

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 14 August 2024

NERS NEWS - Sie Kerohanian Islam NERS (SKINERS) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses menggelar kegiatan Islamic Health Essay Competition (IHEC) pada Senin (15/07/24) melalui zoom meeting dengan mengusung tema “Kesiapsiagaan Bencana dalam Pelayanan Kesehatan melalui Integrasi Teknologi Inovatif dan Spiritualitas untuk Meningkatkan Respon Darurat”. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa muslim di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia pada jenjang D3, D4 dan S1 yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Kegiatan IHEC (Islamic Health Essay Competition) merupakan kompetisi esai mahasiswa muslim tingkat nasional. Sesuai dengan tema yang diusung, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang karya tulis, khususnya esai. Melalui lomba ini mahasiswa dituntut untuk memberikan inovasi serta gagasan mereka mengenai kesiapsiagaan bencana dan peningkatan respon darurat di Indonesia.

Kegiatan IHEC (Islamic Health Essay Competition) diawali dengan pengumpulan karya dari peserta lomba. Selanjutnya, karya tersebut akan dinilai oleh para juri yang ahli dalam bidangnya. Karya yang telah dinilai dan dipilih akan dipresentasikan oleh peserta saat final IHEC pada 15 Juli 2024. Kegiatan final IHEC (Islamic Health Essay Competition) diawali dengan pembukaan, sambutan oleh ketua pelaksana, dan doa. Selanjutnya pada acara inti, para peserta yang lolos ke babak final mempresentasikan hasil karya dan gagasan yang disusun. Karya yang diusung sangat inovatif dan menarik. Adapun karya yang lolos ke babak final antara lain BALENI : Butterfly Life Journey, Modul IS-HEC Sebagai Media Trauma Healing dan Pembelajaran Mitigasi Bencana, MAGENTA (Mentorship Antar Generasi Tangguh), Swatch Edun Team dan Inovasi Earthquake Detector Berbasis IOT.

“Kegiatan yang telah disiapkan dari awal hingga akhir ini berjalan lancar. Meskipun mungkin ada sedikit hambatan, kami bersyukur hambatan tersebut dapat terselesaikan. Pada kegiatan IHEC ini, para peserta sangat inovatif dan interaktif sekali. Para peserta menyampaikan argumennya masing-masing untuk memperkuat gagasan yang mereka usulkan. Hal tersebut menjadikan kegiatan ini sangat menarik dan kami harap kegiatan ini dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.”, ujar Aulia selaku ketua pelaksana kegiatan.

Kegiatan IHEC ini diharapkan mampu mengangkat isu tentang kesehatan dan kesiapsiagaan bencana untuk meningkatkan derajat kesehatan serta respon darurat masyarakat guna mencapai Indonesia Emas 2045 serta mendukung upaya PBB dalam mengoptimalkan Sustainable Development Goals (SDGs) pada bidang kesehatan melalui inovasi terbarukan.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum (Airlangga Nursing Journalist)

Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 82

Berita Terbaru