INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

BEM FKp Unair Gelar Diskusi Publik dengan Tema “Membangun Kesetaraan Profesional Tenaga Kesehatan”

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 22 August 2024

NERS NWES - Surabaya, 14 Agustus 2024 - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan Diskusi Publik 2024 dengan tema "Membangun Kesetaraan Profesional Tenaga Kesehatan". Acara yang berlangsung di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Kampus MERR-C Unair ini menghadirkan Dr. Misutarno, S.Kep., Ns., M.Kep., PH., Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPNI Jawa Timur sebagai narasumber utama.

Endah Nabila Sutrisno Putri, ketua pelaksana acara, menjelaskan bahwa diskusi ini merupakan program tahunan Departemen Kajian Isu dan Aksi Strategis (KASTRAT) BEM FKp yang telah lama bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). "Kami mengangkat tema ini untuk menanggapi isu-isu terkini dalam dunia kesehatan, terutama mengenai stigma dan stereotip terhadap perawat di masyarakat Indonesia," ujarnya.

Dalam paparannya, Dr. Misutarno menekankan pentingnya kesetaraan dalam profesi keperawatan, baik dari segi gender maupun hak-hak tenaga kesehatan. "Kesetaraan berarti setara dalam status, hak, dan kesempatan. Tidak ada batasan gender dalam profesi ini," tegasnya. Ia juga membahas tentang pedoman gaji yang telah diberikan PPNI pada tahun 2023 dan menjelaskan bahwa variasi gaji tenaga kesehatan dipengaruhi oleh UMR masing-masing daerah.

Diskusi ini juga menyoroti pentingnya kehati-hatian dalam menandatangani kontrak kerja. Dr. Misutarno berpesan, "Perhatikan baik-baik isi kontrak kerja Anda untuk menghindari kesulitan di kemudian hari."

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa keperawatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesetaraan dalam profesi kesehatan dan mempersiapkan calon tenaga kesehatan dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

 

Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 113