INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa FKp UNAIR Gelar Penyuluhan Digital Marketing dan UMKM di Desa Sambirejo

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 22 August 2024

NERS NEWS – Jombang, Jum’at (2/8/24) - Departemen Sosial Masyarakat BEM FKp UNAIR menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kegiatan bertajuk MEREKAT 2024 ini merupakan kependekkan dari “Mengabdi Bersama Masyarakat”. Berbagai rangkaian acara MEREKAT selama dua pekan telah terlaksana dengan sukses, termasuk salah satunya yaitu kegiatan Penyuluhan Digital Marketing dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di Desa Sambirejo dalam hal pemasaran produk UMKM. Sejumlah 46 warga nampak antusias mengikuti penyuluhan tersebut yang bertempat di Balai Desa Sambirejo.

Pada kesempatan tersebut, terdapat tiga orang pemateri yang mengedukasi masyarakat pelaku UMKM Desa Sambirejo. Pemateri pertama dibawakan oleh Anugrah Rizqi Putra Satiadi dan Lady Khairunnisa Adiyani yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Mereka memperkenalkan dasar-dasar Digital Marketing seperti pemanfaatan e-Commerce, WebSite, dan media sosial sebagai lapak pemasaran produk UMKM warga Desa Sambirejo. Selain itu, kedua pemateri tersebut juga menekankan pentingnya membangun sebuah Brand. “Membuat Brand itu mudah, tapi mencari cara membangun Brand agar mudah dikenali hingga menetap di hati masyarakat sangatlah sulit,” ucap Lady. Brand adalah karakter, kumpulan pengalaman dari apa yang konsumen rasakan dan pikirkan ketika mendengar dan melihat produk. Pelaku UMKM juga diharapkan untuk melakukan riset dan menentukan target audience atau calon pelanggan sebelum menjual produk. Sama halnya dengan pemateri kedua yaitu oleh Abdul Rasyid dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang juga menyampaikan bahwa pelaku UMKM harus mengambil peluang yang tersedia di masa sekarang.

Kedua materi ini merupakan langkah konkret dalam mendukung perkembangan usaha kecil dan menengah serta membekali pelaku bisnis dengan pengetahuan yang relevan dan up-to-date. Melalui penyuluhan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk memajukan bisnis mereka, serta berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal di Desa Sambirejo. Program seperti ini diharapkan terus berlanjut untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

 

Penulis: Mei Ayu Larasati
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 81