INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Edukasi Penanganan Pertama Stroke Di Ruang IRNA 6 RSUA oleh Mahasiswa Profesi Angkatan 2020

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 August 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kelompok 5 angkatan 2020 telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan edukasi pada hari Jumat (16/8/2024). Mahasiswa profesi Ners menunjukkan dedikasinya dalam bidang kesehatan dengan melakukan kegiatan edukasi penanganan pertama stroke di ruang IRNA 6 RSUA. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan PKRS dengan tujuan meningkatkan pemahaman keluarga pasien mengenai langkah-langkah krusial dalam menangani stroke.

Stroke merupakan gangguan peredaran darah otak yang menyebabkan defisit neurologis mendadak sebagai akibat iskemia atau hemoragi sirkulasi saraf otak. Gangguan tersebut dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Penanganan pertama stroke dilakukan dengan metode FAST, yakni dengan pemeriksaan pada wajah (face), tangan (arms), gangguan berkomunikasi (speech), dan segera mencari pertolongan apabila memiliki tanda-tanda terjadinya stroke (time).

Pemateri penyuluhan, Erika Irwana menyatakan bahwa penanganan pertama stroke ini bertujuan untuk menentukan tingkat kesembuhan bagi pasien sehingga penting bagi keluarga dan orang di sekitar untuk mengetahui langkah-langkah pertama yang harus dilakukan. Peran keluarga tidak terlepas dari lima tugas kesehatan keluarga yang salah satunya adalah merawat anggota keluarga yang sedang sakit, sehingga peran dan dukungan keluarga berpengaruh besar terhadap pasien stroke karena dapat meminimalkan terjadinya kecacatan fisik dan mencegah terjadinya komplikasi.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini, keluarga pasien dapat lebih siap dalam menghadapi situasi stroke dan meningkatkan peluang kesembuhan pasien.

 

Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 81