Pendidikan dan pelayanan keperawatan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan, dimana pendidikan bertujuan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga profesional yang mandiri. Pengorganisasian pengetahuan, sikap dan ketrampilan sangat diperlukan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada pembelajaran tahap akademik maupun profesi Ners. Pembelajaran profesi Pendidikan Ners adalah proses terencana dan sistematis yang memungkinkan peserta didik mencapai level kompetensi. Pada masing-masing stase yang harus ditempuh, mahasiswa program profesi Ners melakukan pengelolaan pasien mencakup pengkajian, menentukan diagnosis, menyusun intervensi, mengimplementasikan tindakan dan melakukan evaluasi. Mahasiswa juga secara periodik melakukan penyuluhan kesehatan di masing-masing tempat pembelajaran profesi pada stase yang ditempuh, serta melakukan seminar mengacu lesson learn yang diidentifikasi pada telaah studi kasus.
Program Profesi Keperawatan Maternitas dengan beban studi 3 SKS ditempuh mahasiswa selama 4 minggu, dimana ruang yang digunakan sebagai wahana pembelajaran mahasiswa adalah Ruang Merak, Ruang Merpati, Ruang Cendrawasih, dan VK IRD RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Tim pembimbing akademik sebanyak 5 orang (Ibu Esti Yunitasari, Retnayu Pradanie, Tiyas Kusumaningrum, Aria Aulia Nastiti, Ni Ketut Alit Armini) dan pembimbing klinik dari Rumah Sakit di masing- masing ruang wahana belajar berkerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran mahasiswa. Pada wahana pembelajaran profesi tersebut mahasiswa mengidentifikasi kebutuhan untuk pelaksanaan edukasi kesehatan kepada pasien (klien) dan keluarga bekerjasama dengan tim PKRS. Pada hari Kamis, 12 Januari 2017 mahasiswa Profesi Ners stase Maternitas di Ruang Merak RSUD melaksanakan penyuluhan kesehatan tentang persiapan pre dan post operasi difasilitasi pembimbing klinik dan pembimbing akademik. Penyuluhan kesehatan tersebut diikuti oleh pasien dan keluarga dengan antusias. Informasi yang disampaikan diharapkan dapat mendukung pelayanan kesehatan khususnya bagi pasien dan keluarga yang menjalani penatalaksanaan operasi (pembedahan). Mahasiswa profesi Ners memberikan edukasi kesehatan menggunakan media lembar balik dan leaflet dengan brainstorming, ceramah, dan diskusi tanya jawab. Besar harapan bagi mahasiswa Program Profesi Ners untuk selalu mengasah perilaku CARING sebagai core value seorang Ners, tercapai keharmonisan antara kemampuan kognitif, psikomotor, afektif, dan ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat sebesar- besarnya mendukung asuhan keperawatan profesional.
Penulis: Ni Ketut Alit Armini, SKp.,MKes